Sukses

Beauty

Makanan Mengandung Pewarna Tekstil Marak di Solo

Membeli makanan memang lebih praktis karena banyak pilihan dan tidak perlu repot memasak sendiri. Terkadang bila sudah sibuk bekerja, makanan di rumah atau jajanan si kecil dibeli di toko. Memang tidak salah, namun ada baiknya bila Anda waspada karena makanan yang Anda beli bisa mengandung zat berbahaya seperti zat pewarna tekstil.

Tim Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Jawa Tengah menemukan zat berbahaya jenis Rhodamin B, pada dua sampel makanan ringan, saat menggelar razia makanan tidak sehat di sejumlah lokasi. Menjelang lebaran, banyak makanan dan jajanan yang beredar di pasaran yang tidak memiliki izin Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Betapa mengejutkan, banyak makanan mengandung zat berbahaya yang ditemukan saat razia.

Pertama, tim merazia Toko Sinar Laut yang berada di Nusukan, Kecamatan Banjarsari. Di sana tim mengambil beberapa sampel makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya. Benar saja, dua jenis makanan yang diteliti mengandung Rhodamin B. Salah satu ciri dari makanan yang mengandung Rhodamin B adalah warnanya sangat cerah. "Sejak pertama melihatnya kami memang sudah curiga keduanya menggunakan Rhodamin-B, karena warnanya tampak sangat cerah. Zat ini seharusnya tidak boleh digunakan untuk makanan. Karena ini pewarna tekstil, sehingga berbahaya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Upaya Kesehatan DKK Pemkot Solo, Setyowati kepada wartawan di Solo, Rabu (17/7) dikutip dari merdeka.com.

Pemkot Solo memang tengah gencar melakukan razia terhadap makanan berbahaya. Mereka tidak ingin ada korban jiwa karena mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat berbahaya ini. Walau memiliki izin BPOM ternyata juga belum tentu aman. Hal ini bisa saja karena ketika diujikan ke BPOM, produk itu tidak dicampur dengan zat berbahaya namun praktiknya dicampur dengan zat pewarna tekstil.

Efek buruk dari zat pewarna tekstil bila dikonsumsi oleh manusia akan merusak ginjal dan menyebabkan kanker. Zat pewarna tekstil kerap digunakan agar warna makanan seperti snack dan cookies lebih menarik dan cerah. Yuk hati-hati dalam memilih makanan dan jajanan yang akan dibeli ladies.

BACA JUGA

Makanan-makanan yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui IV

Hindari 6 Kebiasaan Makan Yang Buruk Saat Puasa Ramadan

Benarkah Makanan Pedas Bisa Picu Penyakit Liver?

Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Puasa

Kenali Macam-Macam Makanan Penyebab Diare pada Anak (II)

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading