Sukses

Beauty

Bahaya, Jangan Beli Tomat di Dalam Kemasan Plastik

Tomat, si buah sayur yang saat matang berwarna merah ini memang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, kandungan lycopenenya tak tergantikan oleh buah lain, yang membuatnya menjadi buah sayur bermanfaat untuk kecantikan kulit wanita.

Biasanya, di mana sih Anda berbelanja tomat? Apakah di supermarket atau di pasar tradisional?

Di manapun Anda berbelanja tomat, apabila Anda menjumpai buah tomat yang dikemas di dalam plastik bening dengan alas styrofoam, sebaiknya Anda lebih waspada. Pelindung plastik polyethylene ini memang membuat tomat terlihat bersih dan rapi. Namun, ada bahaya yang tersimpan di dalamnya, dan dapat mengancam kesehatan Anda.

Tomat adalah buah yang aktif memproduksi gas ethilen. Gas ini dapat bereaksi dengan plastik polyethylene. Hasil reaksinya membentuk rantai panjang ethylene yang akan membuat kulit tomat terlapisi zat tersebut. Nah, zat ini berbahaya untuk dikonsumsi.

Apabila Anda terlanjur membeli tomat di dalam kemasan plastik seperti ini, disarankan agar Anda mengupas kulit tomat terlebih dahulu sebelum digunakan.

Namun, cara termudah lain adalah membeli tomat kiloan dan memilih jenis tomat yang terbaik, yang bebas luka, dagingnya masih keras, dan nyaris ranum. Cuci bersih tomat yang sudah Anda beli dan masukkan ke dalam fruit box di dalam kulkas agar daya simpannya lebih lama sebelum habis digunakan.

Hindari menyimpan tomat di tempat terbuka atau di dalam plastik pembungkus polyethylene, selain beracun, ia juga lebih cepat busuk dan berjamur.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading