Sukses

Health

7 Cara agar Tidak Mudah Mengantuk Setelah Makan Siang

Fimela.com, Jakarta Siapa yang sering mengantuk setelah makan siang? Hal ini sering dialami banyak orang. Ada banyak faktor yang menyebabkan perasaan mengantuk setelah makan siang, mulai dari pilihan makanan yang kurang sehat hingga indikasi adanya risiko penyakit tertentu, terutama diabetes. Jangan sampai kondisi ini mengganggu produktivitas dalam bekerja atau pun menjalani aktivitas sehari-hari, apalagi sampai membuatmu tidak konsentrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mengantuk setelah makan siang. Yuk simak caranya berikut ini!

1. Kurangi porsi makan karbohidrat

Hindari sebisa mungkin makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti dan mie. Karbohidrat sederhana memang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh dan dibutuhkan ketika pemulihan tubuh setelah sakit atau ketika kamu punya aktivitas fisik yang sangat padat, tapi jika porsinya kebanyakan, justru bisa memicu insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Kondisi inilah yang membuat tubuh jadi mudah mengantuk bahkan gampang lelah.

2. Batasi konsumsi gula dan lemak

Makan siang yang baik seharusnya seimbang, bukan hanya memenuhi karbohidrat tapi juga protein, lemak, vitamin dan mineral. Jangan kebanyakan minum dan makan makanan manis atau tinggi gula. Makanan yang tinggi lemak dan minyak juga mudah membuatmu mengantuk. Semua makanan tinggi gula dan lemak hanya tinggi kalori tapi rendah gizi. Inilah yang bisa membuatmu mudah mengantuk bahkan mudah lapar dan memicu keinginan ngemil.

3. Porsi makan jangan berlebihan

Satu hal yang harus diingat saat makan siang adalah porsinya. Makanlah dengan porsi yang cukup. Makan siang dengan porsi berlebih akan membuat perut terasa penuh dan menimbulkan lonjakan gula darah sehingga membuatmu cepat mengantuk. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan terburu-buru saat makan. Kunyah makanan perlahan dan nikmati tanpa terburu-buru. Cara ini bagus untuk mencegah lonjakan drastis pada kadar gula darah.

4. Perbanyak makan protein dan serat

Perbanyak makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seperti buah, sayur, telur, tahu/tempe, ikan, dan daging karena mampu menekan lonjakan gula darah tinggi. Protein akan lama dipecah oleh sistem pencernaan sehingga tidak mudah membuatmu lapar tapi tetap berenergi. Penyebab lain mudah mengantuk adalah kurangnya serat pada makanan. Perut akan terus mengirimkan sinyal 'lapar' karena merasa belum terpenuhi kebutuhannya, meskipun kamu sudah makan nasi dan gorengan. Jadi pastikan memenuhi kebutuhan protein dan serat saat makan siang.

5. Cukup minum air putih

Jika masih saja mengantuk dan tidak konsentrasi, sebaiknya ubah kebiasaan sebelum dan sesuah makan, yaitu dengan minum banyak air putih. Minumlah satu gelas air putih 30 menit sebelum makan siang untuk mencegah naiknya kadar gula darah. Kemudian akhiri makan siang dengan minum air putih yang cukup. Cara ini ampuh mengurangi keinginan makan berlebihan, ngemil, mudah lapar dan efek mengantuk. Air putih juga membantu melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi dan menjaga berat badan.

6. Cuci muka dan cium aroma segar

Seringkali efek mengantuk disebabkan oleh tubuh yang lelah, entah karena begadang atau kurang istrahat. Jadi sediakan waktu untuk mencuci muka atau membasuh beberapa bagian tubuh seperti kaki dan tangan untuk membuat tubuh kembali segar, sadar dan waspada. Kamu juga bisa menyemprotkan wewangian yang membantu meningkatkan konsentrasi seperti aroma mint, lemon atau jeruk, lavender dan vetiver. Jenis wewangian itu dapat meningkatkan mood dan energi.

7. Jalan-jalan santai

Cara terbaik lainnya untuk mencegah mengantuk setelah makan siang adalah dengan olahraga ringan, misalnya jalan-jalan santai atau melakukan peregangan badan. Penumpukan karbohidrat di dalam tubuh harus segera diproses atau diubah menjadi energi agar tidak memicu lonjakan kadar gula darah penyebab kantuk. Jadi setelah makan siang perlu diselingi dengan jalan kaki atau stretching agar tubuh lebih segar dan mendapat asupan oksigen lebih baik ke otak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mengantuk setelah makan siang. Atau kamu punya cara lain agar tidak ngantuk setelah makan, Sahabat Fimela?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading