Sukses

Beauty

Bahaya Memakai Hand Sanitizer Abal-Abal

Makian banyak penjual hand sanitizer dengan botol lucu, murah dan wangi yang enak. Namun hati-hati, tidak semua hand sanitizer ampuh membunuh kuman di tangan.

Hand sanitizer atau gel yang digunakan untuk membersihkan tangan adalah cara praktis jika di sekitar Anda tidak ada air untuk mencuci tangan. Sekarang sedang tren berbagai hand sanitizer berbotol lucu dengan wangi. Sayangnya, Anda harus waspada, hand sanitizer abal-abal dengan kandungan isi yang tidak jelas bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir oleh consciouslifenews.com, inilah beberapa bahaya hand sanitizer:

Hanya Berisi Gel dan Parfum

Beberapa hand sanitizer dirancang dengan formula yang bisa membunuh kuman dan bakteri. Formula dan bahan-bahan itu sudah diteliti agar tangan bebas dari kuman. Sayangnya, beberapa produk hand sanitizer (terutama yang abal-abal, murah dan dijual di pinggir jalan) hanya berisi gel dan parfum saja. Tidak ada jaminan bisa membunuh kuman.

Manfaat Triclosan?

Banyak penjual hand sanitizer yang mengatakan produknya mengandung triclosan sehingga dapat membunuh kuman. Sementara itu FDA (Badan Perizinan Obat dan Makanan) di Amerika Serikat menyatakan bahwa triclosan tidak memberi manfaat kesehatan. Dibanding hand sanitizer yang mengandung triclosan, mencuci tangan adalah cara terbaik.

Alergi Parfum

Pada hand sanitizer abal-abal, tidak diketahui berapa prosentase parfum yang ditambahkan. Beberapa parfum yang dicampurkan bisa menimbulkan alergi pada kulit. Kulit bisa mengalami reaksi gatal, panas dan kemerahan. Bahkan parfum yang tercampur bahan kimia yang tidak terukur dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan reproduksi.

Karena itu, ladies, pastikan Anda tidak sembarangan membeli hand sanitizer. Pastikan hand sanitizer yang Anda beli memang asli dan aman.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading