Sukses

Beauty

Setelah Baca Artikel Ini, Anda Tidak Akan Meremehkan Buah Pisang Lagi

Pisang adalah buah sederhana yang punya tiga jenis kandungan gula, sucrose, fructose dan glucose yang diimbangi dengan kombinasi serat. Pisang menyediakan energi secara instant yang mengubah karbohidrat di dalamnya menjadi energi yang siap pakai.

Peneliti membuktikan bahwa makan sebuah pisang dapat menyediakan energi setidaknya sekitar 90 menit. Tak heran kan kalau buah yang satu ini menjadi salah satu buah kesukaan para atlet.

Tapi entah mengapa, di mata sebagian besar orang, pisang tetap menjadi buah yang disepelekan. Dianggap manfaatnya cuma untuk melancarkan pencernaan saja. Padahal, pisang nyatanya memang punya lebih banyak manfaat yang tak terduga. Seperti yang dikutip dari worldobserveronline.com berikut ini:

Membantu mengatasi depresi

Menurut beberapa penelitian yang diadakan, mereka yang menderita depresi bisa dibantu diringankan depresinya dengan mengonsumsi pisang. Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan membantu mengkonversi hormon serotonin yang dapat membuat tubuh jadi lebih rileks serta bahagia.

Pisang ini juga ampuh untuk meningkatkan mood saat sedang PMS.

Mengatasi anemia

Tingginya kandungan zat besi pada buah pisang dapat menstimulasi produksi hemoglobin di dalam darah, sehingga ia dapat mencegah dan mengatasi anemia.

Menyeimbangkan tekanan darah tinggi

Buah tropis yang unik satu ini kaya kandungan potassium namun rendah garam, sehingga ia dapat membantu menyeimbangkan kembali tekanan darah tinggi. Disebutkan juga oleh USDA bahwa pisang dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi serta stroke.

Mencegah konstipasi

Tinggi kandungan serat, mengonsumsi pisang setiap hari dapat membantu memperlancar pencernaan.

Mencegah morning sickness

Ketika ada indikasi morning sick yang datang, konsumsilah pisang di pagi hari. Pisang cukup ringan membantu mencegah Anda mual dan meredakan badai di dalam perut Anda.

Merilekskan

Kaya akan vitamin B, pisang dapat membantu merilekskan sistem saraf manusia. Terutama bila pekerjaan Anda menuntut untuk berpikir keras, pisang ini menjadi buah yang ramah dijadikan sebagai sarapan atau penutup makan siang.

Bye bye problem pencernaan

Apabila Anda sering mengalami mual yang disertai kembung, maka Anda bisa mengonsumsi pisang dengan cara diserut. Pisang yang dijadikan bubur akan membantu mengatasi problem maag tersebut.

Mengontrol temperatur tubuh

Di Thailand, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi pisang agar bayi dilahirkan dalam temperatur tubuh normal.

Jika dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki 4x kandungan protein, 2x karbohidrat, 3x kandungan fosfor, 5x kandungan vitamin A dan zat besi, serta berlipat ganda vitamin dan mineral. Singkat kata, pisang juga buah yang dapat membuat Anda lebih sehat dan tak perlu harus sering mengunjungi dokter akibat keluhan sakit.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading