Sukses

Beauty

5 Langkah Cepat Mengatasi Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur dapat menjadi hal yang mengganggu saat Anda tidur dengan suami dan dapat menjadi hal yang memalukan ketika Anda tidur bersama teman atau saudara Anda.

Masalah ini dapat terjadi pada setiap orang dan dapat menjadi slah satu masalah serius bagi seseorang. Mendengkur bisa mengganggu tidur orang di samping Anda, bahkan dapat mengganggu tidur Anda saat Anda khawatir mendengkur saat tertidur.

Berikut ini 5 langkah mencegah tidur mendengkur yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti dilansir symptomfind.com.

(vem/cha)

Bola Tenis

Bagi kebanyakan orang tidur dalam posisi terlentang akan membuat mereka mendengkur. Tetapi, pada saat Anda tidur Anda akan sulit memastikan tidur Anda tidak berubah ke posisi terlentang. Menyuruh orang untuk mengawasi Anda tidur juga merupakan ide yang buruk.

Trik mudah untuk mencegah Anda tidur terlentang adalah dengan menjahitkan bola tenis dibelakang baju tidur Anda. Bola tennis ini akan mencegah Anda tidur terlentang tanpa membangunkan Anda atau orang lain. Anda juga bisa menggunakan selotip untuk menempelkannya pada baju.

Menggunakan Plester Hidung

Plester hidung dapat membuat Nda bernafas dengan benar, dan dapat mencegah Anda mendengkur ketika Anda terkena penyakit atau alergi.

Banyak orang mendengkur ketika tidur dengan bernafas melalui mulut. Dengan plester hidung Anda akan dapat bernafas dengan normal. Jika anda tidak bisa mendapatkannya, Anda bisa menggunakan inhaller atau minyak untk mencegah hidung Anda buntu.

 

Atur Bantal Anda

Mendengkur terjadi karena sumbatan aliran udara saat Anda bernafas ketika tidur. Mendengkur juga dapat dihubungkan dengan beberapa penyakit pernafasan dan paru-paru.

Untuk memperlancar aliran udara, Anda bisa menambahkan beberapa bantal agar kepala Anda terangkat. Jika ini tidak dapat membantu, cobalah untuk tidur tanpa menggunakan bantal.

Aturlah bantal yang sesuai untuk pernafasan Anda sehingga Anda tidak lagi mendengkur.

Gunakan Alat Pengatur Kelembaban Udara

Beberapa orang mendengkur karena sedang flu atau mengalami hidung buntu. Alat pengatur kelembaban udara atau humidifier dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir sehingga Anda bisa bernafas lebih baik dan tidak mendengkur.

Menggunakan humidifier juga mencegah rongga mulut dan tenggorokan Anda kering karena kelembaban yang diberikan. Karena dengkuran berasal dari getaran dari rongga mulut dan tenggorokan, keadaan lingkungan yang lembab dapat membantu mengurangi dengkuran.

 

Minum Madu Sebelum Tidur

Madu dipercaya sebagai obat sejak zaman dahulu. Madu juga dapat meringankan luka dan sakit pada tenggorokan.

Beberapa orang percaya madu dapat memperlancar pernafasan dengan membasahi tenggorokan Anda, dan mencegah getaran yang mengakibatkan dengkuran. Cobalah untuk meminum air madu sebelum tidur, anda juga dapat menambahkannya ke dalam teh Anda.

Cara Lainnya

Banyak orang yang mendengkur karena mengalami kelebihan berat badan. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memperersempit saluran udara karena kesehatannya yang buruk.

Cobalah untuk melakukan olahraga dan aktifitas fisik, serta menjaga pola makan Anda untuk menurunkan berat badan.

Hentikan tidak sehat lain yang dapat menyebabkan Anda endengkur seperti merokok dan minum alkohol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading