Sukses

Beauty

Tips Tetap Rileks Saat PMS

Premenstual Syndrome atau biasa yang disingkat dengan PMS adalah masa-masa ketika seorang wanita bisa sangat sensitif dan mudah marah. Hal yang sepele pun bisa jadi masalah besar bagi perempuan yang sedang PMS. Seperti yang dilansir oleh health.com, sekitar 85 persen wanita menyatakan bahwa mereka mengalami PMS setidaknya sekali dalam sebulan. Meskipun tidak ada "obat yang bisa menyembuhkan" PMS ini, sejumlah tips ini mungkin bisa membantu Anda untuk tetap rileks dan khususnya tidak mudah uring-uringan saat PMS.

Lebih Banyak Makan Buah dan Sayuran
Saat Anda merasa sudah mendekati tanggal datang bulan Anda, Anda bisa lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Kurangi atau berhenti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau gula. Selain itu, hindari juga minuman yang berkafein dan minuman alkohol.

Lebih Banyak Berolahraga
Meskipun tubuh Anda mungkin terasa lebih lemas daripada biasanya saat PMS, usahakan untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Sangat disarankan untuk memilih olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung Anda. Setidaknya sekali dalam seminggu, berolahraga lah sekitar 2,5 jam.

Konsumsi Vitamin
Jenis vitamin yang paling dibutuhkan untuk Anda yang sedang PMS adalah B6 dan E. Dosis harian yang disarankan adalah 1.200 mg kalsium, 400 mg magnesium, 50 hingga 100 mg vitamin B6, dan 400 IU vitamin E.

Konsumsi Herbal
Salah satu ramuan tradisional yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat PMS adalah dengan menggunakan racikan buah mentimun dan tomat. Jadi, Anda cukup siapkan 2 buah tomat matang, 1 buah mentimun, radish kurang lebih 100 gram, bit kurang lebih 100 gram, 2 sdm madu, dan 50  ml air matang. Bersihkan semua bahan, lalu blender selama sekitar 2 menit dan minuman ini bisa langsung diminum atau disimpan di lemari es.

Kurangi Kesibukan Anda
Jika Anda terbiasa untuk melakukan banyak aktivitas dalam sehari, usahakan ketika PMS, Anda mengurangi aktivitas Anda. Selain itu, selalu cukupi kebutuhan air minum Anda. Air yang cukup di tubuh Anda bisa memperlancar sistem metabolisme tubuh dan tidak membuat Anda cepat lelah.

Lakukan Hal-Hal yang Anda Sukai
Setiap wanita pasti punya kegiatan atau aktivitas yang paling disukai dan bisa menyembuhkan atau mengurangi stres. Misalnya, jika tidur bisa membuat Anda lebih rileks, maka tidurlah dengan jam yang cukup.

Terlepas dari semua rasa tidak nyaman yang Anda rasakan, tetaplah terima sebagai hal yang normal dan wajar. Selain itu, coba komunikasikan ke orang-orang di sekitar Anda jika Anda sedang PMS, ya dengan saling pengertian bisa membuat Anda lebih tenang dan rileks.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading