Sukses

Beauty

Cara Mudah Mengatasi Sariawan Dengan Cara Alami

Siapa yang penah sariawan, hampir semua orang pernah mengalaminya. Sariawan adalah salah satu bentuk radang yang muncul di balik kulit sekitar gigi dan gusi. Sariawan biasanya sangat mengganggu karena ngilu, sehingga Anda susah bicara dan susah makan, menggerakkan mulut saja sakit.

Untuk mengatasi masalah sariawan, Anda bisa melakukannya dengan cara alami berikut ini:

1. Perbanyak Asupan Vitamin C

Sariawan sering muncul karena tubuh kekurangan vitamin C, sehingga terjadi radang dari dalam. Hal ini bisa diperparah jika luka sariawan mengalami infeksi. Maka perbanyaklah asupan vitamin C secara alami, misalnya saja dari buah jeruk, belimbing, tomat, apel dan sebagainya.

2. Hindari Dulu Makanan Pedas

Cabe memang mengandung vitamin C, namun sebaiknya Anda menghindari makanan yang cenderung pedas. Rasa pedas bisa semakin memperparah radang yang Anda alami, maka sebisa mungkin konsumsi makanan yang jauh dari pedas. Nanti jika sudah sembuh, Anda bisa kembali menikmati makanan pedas.

3. Kumur-Kumur Dengan Garam

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam. Kumur-kumurlah setelah selesai makan.

4. Kumur-Kumur Dengan Air Rebusan Daun Sirih

Sementara itu, untuk mencegah radang dan mencegah infeksi akibat sariawan, kumur-kumurlah dengan air rebusan daun sirih. Caranya, ambil 3 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan air berubah warna, dinginkan. Kumur-kumur dengan air tersebut setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Air rebusan daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau mulut yang terjadi akibat sariawan.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda mengatasi sariawan dengan cepat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading