Sukses

Beauty

4 Tips Mudah Sembuhkan Kulit Terbakar dan Mengelupas

Berlibur dan menghabiskan waktu seharian di pantai memang menyenangkan. Tapi bisa jadi berubah horor ketika menyadari bahwa kulit kita jadi terbakar, terasa perih, bahkan hingga mengelupas. Jika Anda mengalaminya, tak usah panik, Anda bisa coba 4 tips yang dilansir dari sheknows.com ini.

Gunakan Air Dingin
Ketika Anda melihat kulit Anda mulai mengelupas, Anda bisa coba mandi dengan air dingin. Air dingin akan membuat kulit Anda tidak panas dan bisa mencegah proses pengelupasannya. Saat mengeringkan kulit Anda, jangan digosok. Cukup tepuk-tepuk bagian kulit Anda dengan handuk yang lembut dan bersih. Jika Anda menggosok kulit Anda yang terbakar, kondisi kulit Anda bisa jadi lebih parah.

Gunakan Es Batu
Saat kulit Anda terasa gatal, jangan digaruk apalagi digosok kasar. Menggaruk bagian kulit yang terbakar hanya akan memperparah kerusakan kulit Anda. Cukup gunakan es batu dan masukkan es batu tersebut ke dalam serbet kain bersih. Kompres area kulit yang gatal dengan serbet kain berisi es batu tersebut. Biasanya rasa gatal akan berkurang ketika rasa dingin dari es batu mulai menjalar.

Gunakan Pelembab
Setelah Anda mandi dan kulit Anda sudah kering, oleskan pelembab. Pelembab yang tepat adalah pelembab yang memiliki kandungan lidah buaya. Pelembab seperti ini bisa membuat kulit lebih dingin, mengurangi risiko terkena radang, dan mencegah pengelupasan meluas. Jika tidak menemukan pelembab dengan kandungan lidah buaya, Anda bisa cari tanaman lidah buaya ini. Caranya cukup potong lidah buaya, lalu ambil gel bagian dalamnya, dan oleskan ke bagian kulit yang terbakar atau mengelupas.

Minum Air Putih
Setelah melakukan perawatan dari luar, saatnya melakukan perawatan dari dalam tubuh. Caranya sangat mudah: minum air putih. Kulit yang sehat adalah kulit yang mendapat asupan cairan yang cukup. Jika Anda melihat kulit Anda mulai mengelupas, langsung minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading