Sukses

Beauty

7 Sinyal Kesehatan Yang Coba Disampaikan Oleh Kaki Anda

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang kerap menunjukkan sinyal tentang kesehatan kita. Tidak heran banyak tukang pijat yang melakukan pemijatan di area ini.

Kaki memang mengandung banyak sekali syaraf penting yang bisa menyambung pada banyak organ dari ujung kepala hingga kaki. Dan sebenarnya, kaki kerap menunjukkan sinyal kesehatan pada kita. Sehingga kita bisa mulai mengatasinya sejak dini. Misalnya sakit perut, sakit kepala dan sebagainya.

Sinyal kesehatan apa saja yang biasanya disampaikan oleh kaki kita? Coba cek beberapa makna dari kondisi kaki seperti berikut ini, dilansir dari All Women Stalk.

(vem/gil)

Kaki Dingin

Pernahkah Anda merasa kaki lebih dingin dari bagian tubuh yang lain padahal udara di sekitar Anda sedang biasa saja? Mungkin tubuh Anda sedang memberi sinyal lewat kaki.

Kaki yang dingin bisa disebabkan oleh terjadinya hipothyroidism.Di mana terjadi masalah akan kinerja kelenjar tiroid atau kelenjar gondok kita. Gejalanya biasanya diikuti dengan kelelahan berlebihan atau peningkatan berat badan.

Anda bisa melakukan tes darah dan menghubungi dokter ketika terjadi gejala kaki dingin yang tidak biasa. Dengan begitu Anda bisa melakukan pencegahan dan terapi kelenjar gondok.

Kaki Tidak Berambut

Beberapa wanita tak menginginkan kaki yang berbulu, padahal kalau kaki Anda berbulu, tandanya sirkulasi darah Anda lancar. Justru kaki yang tak memiliki bulu sama sekali secara alami (bukan karena cukur atau waxing) patut dicurigai.

Kemungkinan ada problem dengan pembuluh darah. Karena pembuluh darah bermasalah akan mempengaruhi sirkulasi darah. Misalnya adanya plak pada pembuluh darah yang membuat Anda mudah kram dan kesemutan. Selain itu juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan luka pada tubuh.

Jempol Kaki Membesar

Jempol kaki yang membesar bukan hal yang bisa diremehkan. Mungkin Anda mengira bahwa jempol kaki Anda bengkak akibat salah penggunaan sepatu dan sebagainya. Sebenarnya, pembengkakan kaki ini kerap disebabkan karena adanya asam urat. 

Kalau memang Anda mengalami hal ini, kurangi konsumsi daging dan perbanyak sayuran. Awali dengan sayuran berwarna dan ketika sudah lebih baik, mulai rutin konsumsi sayuran hijau. Sambil melakukan ini, minumlah banyak air putih yang membantu mempercepat penyembuhan.

Mati Rasa

Kaki yang mati rasa kadang terjadi karena kita malam menyilang kaki, duduk di lantai atau berdiam dalam posisi tertentu. Namun apabila sedikit gerakan saja membuat Anda mudah mati rasa, mungkin ada masalah dengan peredaran darah Anda.

Selain itu, mungkin ada masalah syaraf yang terjepit. Anda bisa menghubungi dokter apabila kaki Anda mudah mati rasa dengan gejala yang janggal. Hal ini akan mencegah Anda dari masalah syaraf dan sejenisnya. Obesitas dan diabetes juga bisa menjadi awal terjadinya masalah mati rasa.

Nyeri di Tumit

Kelamaan berjalan atau pegal berkepanjangan di tumit menandakan bahwa ada masalah pada jaringan sepanjang telapak kaki Anda. Mungkin disebabkan penggunaan alas kaki seperti heels atau flat shoes dalam waktu lama dan bergerak tiada henti.

Ini bisa menyebabkan nyeri pada tumit. Anda bisa melakukan pijatan perlahan dan memutar pada titik yang sakit. Pijatan ini hanya bisa dilakukan beberapa kali seminggu. Namun kalau rasa pegal dan sakit tak juga hilang, mungkin sudah saatnya Anda menghubungi dokter.

Kaki Pegal

Kaki pegal memang banyak penyebabnya. Namun bila kaki Anda pegal, dingin dan diikuti dengan perut yang tidak nyaman, mungkin ada masalah dengan pencernaan Anda. Saat inilah Anda membutuhkan terapis pijat.

Kemungkinan Anda mengalami masalah pencernaan dan bila Anda tak ingin ke dokter atau mengonsumsi obat, selain mengatur pola makan, cobalah untuk terapi pijat. Cara ini juga bisa mengatasi masalah pusing, mata lelah hingga stres.

Kaki Berdenyut

Merasakan adanya denyutan pada kaki Anda? Biasanya terjadi karena adanya otot dan syaraf yang tidak pada tempatnya. Gejalanya juga disertai mudah kesemutan dan denyutan di kepala, atau bagian tubuh yang lainnya.

Anda bisa melakukan terapi pijat atau beberapa gerakan olahraga seperti pelemasan otot dan yoga. Ini akan membantu Anda mengencangkan otot yang salah dan melancarkan kembali peredaran darah. Anda jadi lebih sehat dan lebih fresh karena otot dan syaraf kembali ke posisi semula.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading