Sukses

Beauty

7 Fakta Mengagumkan Tentang Mata Manusia

Setiap hari, mata menjadi jendela Anda untuk melihat dunia. Anda tentu mengetahui betapa penting mata untuk kehidupan Anda sehari-hari. Bayangkan, apa jadinya kalau mata Anda mendadak tak berfungsi sebagaimana mestinya?

Namun, seberapa banyak sih Anda tahu tentang sepasang bola mata yang kecil itu. Meski kecil, sebenarnya bola mata kita menyimpan banyak misteri yang mengagumkan. Dilansir dari All Women Stalk, setiap manusia tak akan bisa menghindari kacamata sepanjang hidupnya.

Mau tahu berbagai fakta lainnya? Ada 7 fakta mengagumkan tentang mata yang perlu Anda tahu. Simak ulasannya berikut ini.

(vem/gil)

Kebanyakan Ingatan Anda Berawal di Mata

Faktanya, mata adalah organ terpenting bagi Anda untuk mengenal banyak hal dalam kehidupan. Manusia sebenarnya sangat bergantung pada mata mereka, meski kelihatannya kita menggunakan banyak indera untuk hidup.

Kebanyakan ingatan dan memori, 80% merupakan hasil visualisasi dari mata kita. Hanya 20% dari ingatan dan memori yang berasal dari panca indera lainnya. Selebihnya, memori muncul dalam benak kita sebagai visualisasi.

Tidak Ada Manusia Yang Bisa Melarikan Diri Dari Kaca Mata

Tak ada orang yang bisa menghindari penggunaan kacamata. Meski kita memiliki jarak pandang yang sempurna setelah menginjak usia 40 tahun, namun kita tetap akan kesulitan membaca tanpa kacamata.

Karena saat kita mulai menua, fokus lensa mata kita berangsur-angsur menurun. Dan semakin berumur kita, maka bentuk lensa mata semakin bulat dan semakin kaku.

Warna Mata Biru berhubungan Dengan Brad Pitt

Menurut penelitian, sesungguhnya semua manusia memiliki mata berwarna cokelat. Namun karena adanya mutasi genetik yang terjadi 6-10 ribu tahun lalu, maka muncullah orang-orang yang memiliki warna mata biru.

Mereka yang memiliki warna mata biru, memiliki DNA mutasi yang sama antara satu dengan lainnya. Termasuk Brad Pitt, Jared Leto dan seluruh manusia dengan warna mata biru di muka bumi ini. Semuanya sebenarnya saling berhubungan. Amazing.

Setiap Mata Memiliki Titik Buta

Jangan kaget, Kebutaan di sini bukan seperti yang Anda pikirkan dan mata dengan kemampuan sebagus apapun mengalami hal ini. Setiap mata manusia memiliki titik buta pada retina mata mereka karena ada saraf optik yang membawa informasi ke otak.

Namun mata yang lain biasanya akan menutupi area buta dari mata yang lain. Sekalipun hal ini tak terjadi, otak akan membantu menghubungkan titik-titik buta ini sehingga kita tetap bisa melihat dengan sebagaimana mestinya.

Mata Kita 'Dewasa' di Usia 7 Tahun

Maksudnya, mata kita mengalami pertumbuhan yang sangat sempurna di usia 7 tahun. Pada usia ini, mata orang dewasa dan anak usia 7 tahun memiliki bentuk dan kelengkapan yang relatif sama.

Itulah mengapa, saat kecil, mata kita sangat bulat dan menggemaskan. Namun terjadi perubahan yang membuat mata kita makin indah menginjak usia 7 tahun hingga dewasa. Dan semakin dewasa, selama dirawat dengan baik, mata dan area sekitarnya akan berkembang dengan sangat baik.

Mata Bisa Menunjukkan Kalau Anda Diabetes

Mata menjadi salah satu indera yang menunjukkan kalau Anda mengalami penyakit. Salah satunya adalah penyakit kencing manis atau diabetes. Terutama bila Anda mengidap diabetes tipe dua.

Coba cek ke dokter mata, apakah di balik mata Anda mengalami pendarahan. pendarahan kecil ini menjadi tanda bahwa Anda mengalami diabetes. Jadi, coba cek mata Anda ke klinik mata terdekat.

Otot Mata Anda Super Seperti Chuck Norris

Chuck Norris adalah profil yang sangat kuat dan dianggap superior. Nah, seperti itulah mata Anda, karena otot mata kita ternyata adalah yang paling aktif di antara semua otot tubuh.

Selama kita membaca misalnya, 10.000 gerakan otot mata sedang berjalan. Otot mata juga merupakan otot yang paling kuat di antara semua otot yang ada dalam tubuh kita. Jadi, meskipun kecil, mata manusia ternyata lebih menakjubkan dari yang kita bayangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading