Sukses

Beauty

5 Hal yang Perlu Diketahui Wanita Tentang Hormon dalam Tubuhnya

Sudah rutin melakukan yoga, memenuhi kebutuhan gizi dengan seimbang, dan membaca semua informasi tentang kesehatan. Apakah dengan melakukan itu semua, kita bisa 100 persen sehat? Hmm, belum tentu. Ada satu hal penting lagi yang tak boleh kita lewatkan: hormon. Seperti yang dilansir oleh minbodygreen.com, setidaknya ada lima hal penting yang perlu kita ketahui tentang hormon yang ada di dalam tubuh kita.

1. Hormon Bukanlah Musuh Kita
Hormon yang seimbang dan sehat bisa membuat kulit kita cerah, membuat berat badan kita tetap stabil, meningkatkan suasana hati dan energi kita. Jadi penting sekali bagi kita untuk memperhatikan pola hormonal bulanan kita dan bukannya menjadikannya sebagai musuh. Pil juga tak akan membantu kita untuk, misalnya, menyembuhkan premenstrual syndrome (PMS), jerawat, mengatasi fluktuasi suasana hati, atau mengurangi darah menstruasi yang keluar. Pil hanya akan memberikan efek jangka pendek yang malah menghambat ritme alami tubuh kita.

2. PMS Itu Tidak Normal
Meskipun PMS menjadi tanda bahwa tamu bulanan Anda akan segera datang, jika Anda mengalami sejumlah gejala seperti jerawat, rasa kram perut, perubahan mood yang sangat fluktuatif, itu sebenarnya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh kita. Saat level estrogen dan progesteron tidak seimbang, yang perlu kita lakukan adalah lebih memperhatikan lagi makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3. Hormon Butuh Lemak
Hormon reproduksi kita tak akan bisa berfungsi atau berjalan dengan lancar di tubuh kita jika kita tak memenuhi kebutuhan lemak di dalam tubuh kita. Kuning telur memiliki kandungan lemak yang sebenarnya sangat baik untuk tubuh kita sekaligus membantu untuk menyeimbangkan sistem hormonal yang ada di dalam tubuh.

4. Defisiensi Mikronutrien Sebabkan Ketidakseimbangan Hormon
Jika kita ingin meningkatkan fungsi hormon estrogen, progesteron, testosteron, kortisol, dan tiroid, kita harus bisa mencukupi kebutuhan mikronutrien seperti asam amino, mineral, dan vitamin dalam tubuh kita. Dengan kata lain, kita harus makan makanan yang seimbang.

5. Hormon Seimbang Bisa Membuat Orgasme Lebih Lama
Produksi oksitosin dan nitrit oksida yang baik bisa membuat siklus menstruasi kita lancar, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kesuburan, dan mengurangi produksi kortisol yang berlebih. Seorang wanita bisa mendapatkan orgasme yang diinginkannya, selama yang diinginkannya, hanya saja untuk mendapatkan itu semua, sistem hormon dalam tubuh harus selalu bisa dijaga keseimbangannya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading