Sukses

Beauty

Benarkah Insomnia Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Tidak sedikit dari Anda yang mengalami masalah gangguan tidur atau yang sering kali disebut insomnia. Bahkan, banyak juga yang mengabaikannya. Padahal, kurang tidur bisa menimbulkan banyak masalah lho Ladies. Anda menjadi kurang konsentrasi dan cepat lelah. Belum lagi masalah lain yang ditimbulkannya.

Lantas, benarkah insomnia bisa meningkatkan risiko penyakit jantung?

Menurut penelitian yang dijelaskan MeetDoctor.com, insomnia kronis dapat menyebabkan depresi dan kegelisahan. Tak hanya itu, peneliti asal Norwegia mengatakan fakta berbeda yakni insomnia hingga larut malam memiliki risiko lebih besar terhadap penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki jam istirahat normal.

Seorang peneliti asal Norwegian University of Science yang bernama Lars Erik Laugsand mengatakan penelitian tersebut memang harus didukung oleh penelitian-penelitian selanjutnya guna mengonfirmasi penemuan pada populasi berbeda dan mengerti seberapa besar kelemahan tidur yang berdampak pada serangan jantung.

Sementara itu, sebuah survei yang dilakukan National Sleep Fondation 63 persen responden tidak mendapatkan kesempatan tidur yang cukup, dan 43 persen mengatakan mereka jarang atau tidak pernah mendapatkan tidur yang baik di tiap minggunya. Penelitian terdahulu juga menyebutkan adanya keterkaitan antara insomnia dan tekanan darah dalam tubuh. namun hanya beberapa penelitian yang melihat efek para penderita insomnia terhadap serangan jantung.

Melengkapi pernyataan tersebut, penelitian terbaru sebelumnya juga melakukan penelitian serupa pada lebih dari 50 ribu warga Norwegia di atas 11 tahun, di antara tahun 1995 dan 1997. Hasil pantauan selama 11 tahun menunjukkan, 2.386 pendaftar mendapatkan serangan jantung pertama kali.
Selain itu, terdapat juga pengaruh obesitas, usia, dan kolesterol yang juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah dalam tubuh. Peneliti juga menemukan bahwa:

  • Orang yang mengalami kesulitan tidur hampir setiap malam selama berbulan-bulan memiliki risiko 45% lebih tinggi untuk serangan jantung.
  • Orang yang mengalami kesulitan untuk tetap tertidur mengalami peningkatan 30% risiko serangan jantung.
  • Bangun di pagi hari dengan keadaan tidak tenang dan segar,lebih dari sekali seminggu dikaitkan dengan 27% resiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Nah Ladies, Anda tidak ingin kan terkena serangan jantung hanya karena insomnia? Makanya hindari hal-hal yang bisa menyebabkan insomnia seperti kafein.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading