Sukses

Beauty

Ingin Punya Tubuh Sehat? Ingat Tiga Aturan Ini Ketika Makan

Kebiasaan makan kita akan menentukan apakah kita akan memiliki tubuh sehat atau tidak. Jika kebiasaan makan kita saja sudah buruk, maka untuk mendapatkan tubuh yang sehat pun akan cukup sulit. So, agar bisa mulai membiasakan kebiasaan yang baik dan sehat untuk tubuh yang lebih sehat, yuk mulai makan dengan mengikuti tiga aturan makan ini. Seperti yang dilansir oleh fitsugar.com, aturan ini bukan untuk mengekang tapi untuk membuat kegiatan makan jadi lebih menyehatkan dan tidak membuat kita semakin stres.

Jangan Makan di Depan Monitor
Ketika pikiran Anda terganggu dengan hal lain seperti sibuk menatap layar laptop, televisi, atau komputer, maka Anda akan berisiko makan terlalu banyak. Jika Anda bisa fokus dengan makanan Anda, Anda akan lebih mudah untuk mengontrol kapan kenyang dan harus berhenti. Kalau memang Anda terpaksa makan sambil duduk di depan komputer (karena harus mengejar deadline misalnya), usahakan Anda menyiapkan porsi makanan yang benar-benar pas dan tidak lagi menambah porsi jika makanan yang ada di piring Anda sudah habis.

Jangan Langsung Nambah Porsi Kedua
Ketika Anda selesai makan dan masih merasa belum kenyang, jangan terburu-buru ambil porsi kedua. Menurut Mara Z. Vitolins, RD, dan Wake Forest seorang asisten profesor in ilmu kesehatan publik, banyak orang yang tidak bisa membedakan sensasi haus dan lapar. Dengan kata lain, banyak orang yang merasa dirinya masih lapar padahal yang sebenarnya dirasakan itu adalah rasa haus. Jika Anda merasa belum kenyang setelah menghabiskan makanan satu porsi, minumlah air putih dan tunggu hingga 30 menit. Biasanya Anda sudah tidak akan lagi merasakan lapar.

Ingatlah Bahwa Makanan adalah Pengisi Energi
Apa yang Anda makan akan menentukan diri Anda yang sebenarnya. Makanan adalah pengisi energi Anda. Jadi jika terlalu banyak makan, bukannya bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan tapi malah tidak bisa melakukan apa-apa karena "tangkinya" sudah kepenuhan dan tidak bisa diproses. Jika ingin tubuh Anda bisa melakukan kegiatan dengan baik dan mengeluarkan potensi yang maksimal, maka makanlah makanan yang sehat dan alami.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading