Sukses

Beauty

Gadget Ternyata Bisa Melemahkan Otak Manusia

Ladies, teknologi membawa dua dampak yang beriringan, positif dan negatif. Ketika Anda bisa memanfaatkan gadget dengan baik, berarti Anda mendapatkan dampak positif, tetapi ketika Anda mulai tergantung pada gadget, berarti Anda sudah terperangkap dalam jebakan negatif gadget. Baca di sini mengapa gadget bisa melemahkan otak Anda seperti yang dilansir dari foxnews.com.

Anda memotret apapun untuk instagram

Menurut penelitian Linda Henkel dari Fairfield University menjelaskan foto akan memperkuat ingatan ketika Anda mengandalkan kamera untuk mengingat sesuatu. Namun ketika di ponsel maupun kamera digital Anda tersimpan begitu banyak foto, atau mungkin Anda mengupload ratusan foto ke instagram, yang terjadi malah Anda akan sulit mengingat sesuatu yang sebelumnya sudah Anda dokumentasikan. Henkel menyarankan agar Anda menggunakan waktu luang untuk memilah foto menjadi beberapa kategori, cara ini akan membantu Anda memanfaatkan memori otak dengan lebih baik.

Ketika bekerja Anda akan tergiur dengan socmed

Meman setiap orang dibekali kemampuan untuk melakukan multitasking. Namun menurut Erik Fransen, seorang profesor ilmu komputer di KTH Royal Institute of Technology, Swedia, otak memiliki batasan untuk memproses 3-5 hal yang bisa Anda kerjakan bersamaan. Jika Anda bekerja di depan komputer kemudian tersambung ke berbagai akun socmed Anda dan menerima telpon atau sms melalui ponsel, hal seperti ini justru membuat Anda lebih mudah kehilangan konsentrasi dan lupa target yang seharusnya Anda kerjakan.

Semakin Anda mendekati batas maksimal kerja memori otak, justru semakin sulit Anda berkonsentrasi. Disarankan ketika Anda mengerjakan sesuatu yang menantang atau penting, gunakan waktu selama 30 menit untuk benar-benar fokus pada apa yang Anda kerjakan, karena otak sebenarnya membutuhkan waktu selama 10-15 menit untuk akhirnya benar-benar fokus pada apa yang Anda kerjakan. Usahakan tidak terhubung atau memakai gadget Anda ketika sedang mengerjakan hal yang penting.

Membaca konten online

Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Educational Research disebutkan bahwa orang yang membaca konten online memiliki tingkat pemahaman bacaan lebih rendah dibandingkan mereka yang membaca dalam bentuk cetak. Ketika Anda membaca dalam bentuk cetak, dengan mudah Anda akan menemukan pada halaman beberapa materi yang penting.Sedangkan kelemahan membaca materi pada layar LCD adalah tidak dapat Anda hindari cahaya yang berfluktuasi sehingga menimbulkan kelelahan setelah beberapa saat Anda mencermati layar. Otak akan bekerja lebih keras untuk menyimpan memori di dalam otak Anda. Disarankan untuk informasi yang penting,

Jangan sampai Anda tergantung pada teknologi yang tersimpan dalam gadget Anda, teknologi canggih diciptakan untuk memudahkan manusia, bukannya untuk memperbudak.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading