Sukses

Beauty

Ternyata Permen Bukanlah Penyebab Utama Gigi Berlubang, Melainkan...

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gangguan kesehatan gigi yang paling serius. Sampai-sampai hanya karena gigi berlubang, gigi Anda itu kadang harus segera dicabut. Tapi tahukah Anda makanan apa yang menjadi penyebab utama gigin berlubang? Apa? Permen? Hmm, ternyata permen bukanlah penyebab utama gigi berlubang.

"Tersangka Utama" Penyebab Gigi Berlubang Itu Adalah...
Inilah faktanya. Dilansir dari sheknows.com, makanan yang menjadi penyebab utama gigi berlubang itu adalah biskuit asin (saltine cracker). Fakta ini memang mengejutkan banyak orang, apalagi banyak orang tua yang memberikan biskuit kepada anaknya karena biskuit dianggap sebagai camilan yang sehat.

Biskuit asin ini adalah jenis makanan yang menggunakan ragi dan sudah melalui proses pemasakan yang kompleks. Tak banyak orang yang menyadari bahwa biskuit ini juga mengandung bahan-bahan yang dibuat dengan rekayasa genetik, yang akhirnya bisa meningkatkan indeks glisemik. Pada akhirnya makanan ini memiliki lebih banyak kariogenik atau penyebab gigi berlubang.

Gula Bukan Satu-Satunya Penyebab Gigi Berlubang
Di dalam mulut sudah ada bakteri yang menyukai gula dan bisa menyebar tanpa kendali ketika makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak pati atau amilum. Saat Anda makan makanan yang mengandung ragi, bakteri di dalam mulut akan berkembang biak berkali lipat. Apalagi jika biskuit yang Anda konsumsi itu menempel di sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel bisa membuat bakteri semakin bertambah banyak dan bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Seperti organisme lain, bakteri juga perlu mengeluarkan kotoran. Dan kotoran inilah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap dan gigi berlubang. Jika Anda ingin memiliki gigi sehat dan tidak mudah berlubang, usahakan untuk mengurangi konsumsi biskuit ini. Pastikan juga Anda selalu menggosok gigi setelah makan makanan yang sekiranya mudah menyangkut di sela-sela gigi Anda.

Konsumsi Sayur dan Buah Segar
Tidak sempat membawa sikat gigi? Cobalah untuk mengunyah buah atau sayuran segar kaya serat. Saat mengunyah makanan yang kaya serat, produksi air liur akan meningkat dan bisa mengurangi plak gigi yang menumpuk. Apalagi jika buah dan sayuran yang Anda konsumsi mengandung banyak air karena air tersebut bisa mengurangi kekentalan gula yang ada di dalam mulut.

Selain sayur dan buah segar, teh hijau dan teh hitam juga bisa membunuh atau mengurangi jumlah bakteri penyebab plak gigi. Ini karena teh hijau serta teh hitam memiliki polifenol yang dikenal sebagai pencegah gigi berlubang.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading