Sukses

Beauty

Awas! Kenali 4 Gejala Gangguan Bipolar

Banyak orang dengan gangguan psikologis bipolar tidak merasa bahwa mereka sedang mengalami bipolar atau biasa disebut dengan bipolar disorder. Ini merupakan penyakit psikologi yang bisa dikenali dengan perubahan mood seperti depresi, sedih mendalam, dan mudah tersinggung.

Sebagai wanita, Anda perlu mengenali apa itu bipolar disorder, karena tidak sedikit wanita yang mengalami gangguan psikologis ini. Seperti dikutip www.everydayhealth.com, beberapa gejala yang mengejutkan dan tidak pernah Anda sadari bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda sedang mengalami bipolar disorder, seperti misalnya

1. Berbelanja sangat berlebihan

Jika Anda sudah mulai ingin berbelanja semua barang yang bahkan tidak Anda butuhkan dan menghabiskan uang untuk barang dengan harga melebihi gaji Anda, maka Anda patut khawatir. Apalagi jika hal ini terjadi berkali-kali. Karena  orang dengan bipolar disorder suka mengambil risiko.

Hal ini jarang disadari, karena kebanyakan wanita menganggap kebiasaan belanja berlebihan bukanlah hal yang baru dan wajar. Namun jika Anda sudah mulai menggunakan kartu kredit berlebihan dan menumpuk hutang, Anda perlu khawatir.

2. Keinginan bercinta yang aneh

Keinginan berhubungan seksual biasanya bukan hanya mencoba gaya bercinta yang aneh, namun juga ingin mencoba dengan orang lain yang bukan pasangan Anda. Terlibat dengan hubungan one night stand dan bergonta-ganti pasangan mungkin akan dilakukan oleh Anda dengan bipolar disorder.

3. Penyalahgunaan narkotika dan alkohol

Ketergantungan pada kedua benda yang merugikan kesehatan seperti alkohol dan narkotika sangat mungkin menjadi tanda Anda mengalami bipolar disorder karena biasanya penderita merasa depresi dan merasa tertekan meski tidak diketahui pasti penyebabnya, dan untuk menghilangkan rasa depresi tersebut, mereka akan mengonsumsi banyak alkohol dan narkotika.

4. Tidak tidur dalam waktu lama

Anda juga harus waspada ketika Anda sudah merasa tidak membutuhkan tidur dalam berhari-hari. Anda akan merasakan sangat tertekan sehingga mengabaikan kebutuhan istirahat seperti tidur.

 

Jadi, jika Anda merasa ada yang salah dengan beberapa kebiasaan yang Anda lakukan, Anda bisa membicarakannya dengan psikiater, dan menceritakan masalah Anda.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading