Sukses

Beauty

Wajib Tahu: 4 Gejala Umum Seseorang Mengalami Psikosomatis

Kecemasan adalah hal yang rentan dialami siapapun dalam kesehariannya. Hal ini dapat terjadi dalam berbagai situasi, misalnya menunggu hasil diagnosa dokter ataupun saat menghadapi ujian akhir. Namun kecemasan dapat berdampak serius yang akan mengantarkan seseorang pada kondisi psikosomatis.

Psikosomatis adalah gejala fisik yang muncul karena kecemasan dan tekanan. Tidak ada alasan medis yang mendasari munculnya sakit ini, tetapi sangat memiliki pengaruh besar pada kehidupan seseorang. Apa saja gejala psikomatis yang biasanya muncul? Perhatikan 4 tanda berikut ini, seperti yang dilansir oleh livestrong.com:

    Sakit Perut

    Kehilangan nafsu makan, mual, diare ataupun muntah menjadi ciri-ciri yang umum diderita penderita psikosomatis. Kebanyakan mengalami rasa sakit pada perut bagian atas, tetapi jika diperiksakan ke dokter, tidak ditemukan masalah serius.

    Sakit Kepala

    Saat seseorang mengalami kecemasan, biasanya akan berdampak pada sisi emosional dan fisik. Hal ini mengakibatkan sakit kepala yang berulang-ulang.

    Kepanikan

    Seseorang yang mengalami kecemasan dan kepanikan akan mengalami berbagai gejala psikosomatis yang kompleks, misalnya kesulitan bernafas, jantung berdegup kencang, nyeri dada, pusing dan berkeringat. Orang dengan gangguan panik ini dapat berpotensi mengalami agoraphobia, yaitu ketakutan ke tempat ramai karena tidak nyaman dengan serangan kepanikan.

    Kelelahan

    Tekanan yang kuat akan membuat seseorang mengalami kelelahan yang luar biasa. Ini akan mengakibatkan seseorang sulit konsentrasi, mudah mengantuk dan pelupa.

Jika Anda mengalami hal-hal di atas dan saat memeriksakan diri ke dokter tidak ditemukan penyakit fisik, sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikolog. Jangan khawatir, psikosomatis akan pulih sesegera saat kondisi psikis Anda membaik.

 

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading