Sukses

Beauty

5 Warna-Warni Manfaat Paprika

Ladies, saat ini sudah banyak sekali bahan makanan yang bisa Anda coba dan rasakan. Banyak sekali bahan atau bumbu dari negara luar yang bisa dicoba, termasuk juga paprika. Saudara cabai ini memang tidak memiliki tingkat pedas yang kuat, namun tetap memiliki kandungan yang hampir sama dengan cabai dan saudara cabai lainnya.

Jadi jika Anda merasakan sensasi pedas, namun tidak suka makanan pedas, cukup tambahkan paprika ke dalam masakan Anda. Paprika memiliki warna yang cukup variatif dan menarik, seperti merah, kuning dan hijau. Bukan hanya menjadi bahan makanan saja, paprika juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk tubuh.

Seperti dikutip www.stylecraze.com, manfaat kesehatan tersebut antara lain adalah

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Jika Anda ingin mendapat kulit dan rambut yang sehat dan cantik, maka paprika bisa jadi sangat membantu mencapai tujuan Anda. Ini karena paprika memiliki banyak antioksidan dan vitamin lengkap untuk bisa menjaga kekuatan akar rambut, dan menjaga elastisitas kulit.

Paprika juga sangat baik mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap awet muda dan bebas jerawat karena sifatnya yang antibakteri. Jika Anda tidak memiliki kulit wajah sensitif, dan bisa memakai masker paprika, maka ini akan sangat baik pula mencerahkan kulit.

2. Menjaga kesehatan mata
Karena paprika memiliki banyak vitamin A atau beta karoten, khususnya untuk yang berwarna kuning dan merah, maka paprika juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Paprika bahkan mengandung 4 karotenoid cryptoxanthin yaitu beta-, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin yang dapat mencegah degenerasi makula, katarak dan berbagai penyakit mata lainnya.
 
3. Melancarkan pencernaan
Paprika juga kaya serat dan dapat menetralisir asam lambung sehingga bisa melancarkan pencernaan. Bahkan paprika juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah keracunan dan infeksi bakteri di dalam sistem pencernaan seperti menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E.coli.

4. Mencegah scurvy
Paprika juga bisa mencegah pembengkakan dan pendarahan pada gigi dan gusi atau sering disebut scurvy, tulang bengkak, sakit kuning, diare, dan depresi. Ini karena paprika mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan yang menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Mencegah anemia
Karena paprika kaya mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, maka paprika juga sekaligus sangat baik dalam mencegah dan menyembuhkan anemia. Bukan hanya itu, vitamin C dan magnesium dalam paprika juga membantu memperkuat sistem imun dan merangsang produksi trombosit.

Paprika memiliki nutrisi lengkap termasuk vitamin, mineral dan antioksidan seperti vitamin A, C, E, K, dan B kompleks. Mineral seperti kalsium, zinc, magnesium, fosfor, kalium dan zat besi serta sejumlah kecil serat, gula alami atau karbohidrat, protein, energi dan lemak sehat. Jadi jangan ragu jika ingin memasak paprika hari ini Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading