Sukses

Beauty

Ingin Bangun Pagi Setiap Hari? Lakukan 2 Perubahan Ini Dulu

Sudah berusaha berulang kali untuk bangun pagi tapi selalu gagal? Atau sering merasa malas untuk bangun dari tempat tidur setiap hari sebelum mulai beraktivitas? Ladies, faktanya memang tak semua orang bisa bangun pagi atau memiliki kebiasaan bangun pagi yang rutin setiap hari. Apalagi bagi Anda yang sering kerja lembur atau selalu melakukan segudang aktivitas setiap harinya.

Kenapa Sih Harus Bangun Pagi?
Kita sering mendengar bahwa bangun lebih pagi akan membuat kita lebih berenergi untuk beraktivitas. Tapi apakah hanya itu saja? Ternyata, seperti yang dilansir oleh lifehacker.com, banyak orang sukses yang rupanya adalah orang yang selalu bangun pagi. Sejumlah CEO ternama bahkan bangun sangat pagi sekitar pukul 4.30 setiap harinya.

Joel Gascoigne salah satu pendiri Buffer mengaku bahwa dengan bangun pagi ia bisa melakukan banyak hal penting dalam kondisi tenang. Dan karena itulah ia merasa bisa mengontrol hidupnya lebih mudah dan tahu bahwa ia pasti bisa melakukan semua aktivitas dengan baik sepanjang hari. Setiap pagi ia akan bangun sebelum matahari terbit, lalu melakukan sejumlah hal penting selama  90 menit, baru berolahraga.

Ini Dia 2 Rahasia untuk Bisa Menciptakan Kebiasaan Bangun Pagi Secara Rutin
Joel memiliki dua tips untuk bisa menciptakan kebiasaan bangun pagi setiap hari secara rutin.

Pertama, putuskan berapa jam Anda butuh waktu tidur dalam semalam. Usahakan Anda selalu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, itulah pentingnya Anda menentukan berapa jam waktu yang Anda butuhkan untuk tidur. Kedua, jangan bangun terlalu telat di akhir pekan. Di akhir pekan, jangan sampai Anda bangun lebih dari satu jam dari jadwal bangun harian Anda. Misalnya jika Anda terbiasa bangun pukul 5 pagi setiap hari, jangan sampai Anda bangun lebih dari pukul 6 di akhir pekan.

Anda bisa membuat ritual Anda sendiri sebelum tidur di malam hari. Sebagai contoh, 30 menit sebelum tidur malam, Anda bisa membaca buku atau melakukan meditasi ringan. Setidaknya saat kepala sudah menyentuh bantal, Anda sudah tak lagi memikirkan pekerjaan dan hal lainnya.

Disiplin diri juga memiliki peranan penting dalam membantu Anda untuk bisa bangun pagi secara rutin. Di hari kerja atau di akhir pekan, usahakan untuk bangun di jam yang sama. Dengan begitu, tubuh tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan jam tidur Anda dan Anda bisa merasa lebih fit lagi untuk beraktivitas seharian. Untuk mendapatkan konsistensi bangun pagi secara rutin setiap hari tergolong hal yang cukup sulit. Ada proses yang harus Anda alami, tapi ketika niat sudah ditanamkan, Anda pasti bisa membangun kebiasaan baik ini dengan lebih mudah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading