Sukses

Beauty

4 Cara Menyiasati Rasa Lapar Setelah Olahraga

Olahraga Anda bisa jadi sia-sia jika Anda tak mengimbanginya dengan strategi tepat mengatasi rasa lapar setelah olahraga. Rasa lapar memang kerap mendera ketika kita baru saja selesai melakukan aktivitas olahraga. Terkurasnya energi dan terbakarnya kalori membuat tubuh mengeluarkan 'alarm' bahwa kita perlu sesegera mungkin mengonsumsi sesuatu. Hanya saja kita perlu berhati-hati dengan alarm rasa lapar yang biasanya muncul setelah olahraga.

Dilansir dari prevention.com, ada empat cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati rasa lapar setelah olahraga. Simak uraiannya berikut ini.

  • Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga berat atau olahraga dengan intensitas tinggi bisa membuat kita merasa sangat lapar setelahnya, menurut penelitian dari University of Ottawa. Dalam penelitian tersebut, 13 wanita mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang hampir sama dengan jumlah kalori yang sudah terbakar ketika mereka melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Sementara ketika mereka melakukan olahraga jalan kaki yang lebih ringan, nafsu makan mereka lebih terkontrol, meskipun masih defisit 177 kalori untuk kebutuhan kalori sehari.

  • Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Sering kita keliru menganggap rasa haus sebagai rasa lapar. Orang yang minum 7 gelas air putih sehari bisa mengurangi konsumsi kalorinya sebanyak 200 kalori jika dibandingkan dengan orang yang minum air putih kurang dari satu gelas per hari. Laporan ini berdasarkan penelitian terbaru dari Universty of North Calorina di Chapel Hill. Saat merasa lapar, cobalah untuk minum air putih terlebih dahulu, lalu beri jeda 15 menit sebelum memutuskan apakah Anda butuh makanan yang lebih berat atau tidak.

  • Makan Setelah 30 Menit

Setelah berolahraga, jangan langsung makan. Dalam penelitian di mana makanan baru diberikan dalam kurun waktu 15-30 menit setelah olahraga, para partisipan cenderung mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit daripada jumlah kalori yang sudah mereka bakar ketika olahraga. Tapi menunggu terlalu lama, misalnya 1 jam terkadang malah bisa membuat Anda lebih 'kalap' dan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak.

  • Memilih Makanan yang Sehat

Salah satu alternatif yang bisa Anda konsumsi setelah olahraga adalah 6 ons yogurt bebas lemak dengan 100 gram buah stroberi. Agar tubuh Anda bisa lebih mudah mencerna, konsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit terlebih dahulu ketika baru saja berolahraga.

Dengan menerapkan strategi yang tepat mengatasi rasa lapar setelah berolahraga, Anda pun bisa mendapatkan manfaat besar dari olahraga yang baru Anda lakukan. Get a regular exercise and eat well!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading