Sukses

Beauty

Sering Merasa Panik? Atasi Dengan Cara Ini

Serangan panik merupakan rasa gugup atau takut akan suatu hal yang datang secara tiba-tiba. Serangan tersebut biasanya dibarengi dengan keringat dingin dan jantung yang berdegup cepat. Parahnya, panik ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Untuk mengontrol rasa panik yang sering menyerang, Anda bisa melakukan tips berikut seperti dilansir dari MeetDoctor.com:

  • Terapi obat-obatan. Terapi ini biasanya menggunakan obat antidepresi dan kadang memakai obat seperti beta blockers yang bisa membantu redakan gejala rasa cemas.
  • Psikoterapi. Semacam konseling yang bisa merujuk pada respons emosi dan penyakit mental. Biasanya, psikiater akan mengajak bicara supaya bisa mengerti apa yang dialami penderita dan bisa mengatasi penyakitnya.
  • Teknik relaksasi. Melakukan pengaturan pernafasan dan membayangkan hal positif yang bisa membuat lebih rileks.
  • Terapi cognitive behavioral. Jenis psikoterapi ini akan membuat pasien mengenali dan mengubah pola pikir serta sikap yang dapat memicu rasa cemas. Nah, terapi ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya serangan rasa panik.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk mengurangi serangan rasa panik, asalkan dilakukan secara rutin. Pasalnya, serangan panik bisa saja muncul lagi di kemudian hari. Serangan panik pun harus segera ditangani supaya penderita tidak mengalami komplikasi seperti:

  1. Menghentikan kegiatan yang memicu serangan panik padahal kegiatan tersebut penting.
  2. Agoraphobia, yaitu ketakutan yang membuat penderita cenderung menghindari tempat umum dan ramai, jadi penderita menolak meninggalkan rumahnya.
  3. Anticipatory anxiety, yaitu kondisi rasa cemas yang muncul hanya karena berpikir mengenai kemungkinan mengalami serangan rasa panik.
  4. Timbulnya claustrophobia, yaitu rasa takut akan tempat sempit.

Nah Ladies, jangan sampai rasa panik yang menyerang tiba-tiba merusak hari-hari Anda.

(vem/riz)
What's On Fimela
Loading