Sukses

Beauty

Serunya Konsultasi Masalah Kesehatan Pencernaan Bareng MeetDoctor.com

Tidak sedikit dari Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan seperti maag dan susah buang air besar. Padahal, sudah makan teratur dan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Namun, masih saja mengalami masalah dengan pencernaan.

Kali ini, Vemale mengadakan konsultasi Live Tweet dengan tema Kesehatan pencernaan. Pertanyaan yang diajukan Sahabat Vemale dijawab secara langsung oleh dokter ahli dari MeetDoctor.com, yakni dr. Rahajeng Arianggarini. Berikut adalah jawaban dokter. Simak yuk Ladies! Siapa tahu Anda memiliki masalah yang sama.

@ArdanarisRatri : Saya punya maag akut. Sampai, kalau lagi kumat berdiri nggak kuat, padahal sudah makan 3x sehari. Itu bagaimana? #AskVemale

Jawaban dokter : Apakah makan 3 kali sehari di jam yang tepat? Makanan apa yang Anda makan? Apakah dari makanan Anda ada yang terlalu pedas atau terlalu asam? Apakah Anda suka mengkonsumsi minuman yang mengandung caffeine? Apakah Anda sedang mengalami Stress atau ada hal yang sedang menjadi pikiran Anda? Hal tersebut dapat memicu nyeri pada uluh hati atau maag bisa kambuh.

@TSenjya : Pencernaan tidak lancar, cara mengatasinya bagaimana? #Askvemale

Jawaban dokter : Pastikan sertai makanan yang anda konsumsi dengan banyak sayur­sayuran dan buah­buahan. Perbanyak konsumsi air putih untuk melancarkan pencernaan.

@MOng_Chantique : Yang normal itu BAB sehari berapa dalam sehari? Apakah makan yang banyak akan memicu metabolisme lebih cepat sehingga dorongan BAB lebih cepat? #AskVemale

Jawaban dokter : BAB normal sekitar 1­4 kali sehari tergantung makanan yang masuk ke dalam tubuh dan sistem metabolisme tubuh setiap individu. Makan banyak tidak memacu metabolisme tubuh, karena setiap orang sudah memiliki ciri metabolisme yang berbeda-­beda. Namun metabolisme tubuh dapat dipengaruhi oleh olahraga. Ketika olahraga, metabolisme tubuh dapat meningkat sehingga memaksimalkan pengambilan energi dari makanan dan diserap tubuh. Namun bila asupan makanan yang masuk ke tubuh banyak, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan zat­zat yang tidak perlu.

@DeaAmeelia : Dulu pernah kena maag akut sampai opname, sekarang masih suka makan mangga muda. Apa pengaruh buat ke depannya? #AskVemale

Jawaban dokter : Boleh saja Anda mengkonsumsi mangga muda/makanan yang asam walaupun Anda memiliki riwayat maag. Namun konsumsilah makanan asam tersebut sesudah makan supaya resiko kambuhnya maag bisa menurun. Namun bila sudah dilakukan namun, maag Anda masih kambuh, kemungkinan lambung Anda sensitif dengan makanan asam tersebut sehingga disarankan untuk dikurangi atau dihindari bila perlu. Selama tidak ada keluhan, tidak apa-­apa.

@beautifugly: Air alkali atau air basa itu beneran berfungsi buat membersihkan pencernaan nggak? #AskVemale

#AskVemale

Jawaban dokter : Sampai saat ini, referensi medis menyatakan cara yang paling baik untuk membersihkan saluran pencernaan yaitu mengkonsumsi air putih yang banyak, makan banyak sayur dan buah serta melakukan olahraga rutin. Masih banyak pro dan kontra di dalam jurnal medis mengenai manfaat penggunaan air alkali dan air basa sebagai pembersih saluran pencernaan.

@EviRizana : Sudah banyak konsumsi sayur dan buah, tapi masih sembelit. Gimana cara mengatasinya ya Dok? #AskVemale

Jawaban dokter : Sayuran dan buah apa yang Anda konsumsi? Selain mengkonsumsi sayur dan buah, juga perlu diimbangi konsumsi banyak air putih supaya pencernaan menjadi lancar.

@IvanaRiyani : Kalo gak BAB tiap hari apakah bermasalah?? #AskVemale

Jawaban dokter : BAB yang keluar dari tubuh dipengaruhi oleh jenis makanan yang masuk ke tubuh, banyaknya makanan yang masuk serta metabolisme tubuh itu sendiri. Bila Anda makan tidak banyak, wajar bila BAB tidak setiap hari. Bila BAB keras disertai nyeri, disarankan bertemu dokter untuk diperiksa. Disarankan banyak mengonsumsi sayur, buah ,dan banyak air putih ( minimal 2 liter/ hari) supaya pencernaan lancar.

@ArdanarisRatri : Saya sering minum kopi, hampir setiap hari bahkan sehari bisa 3x padahal saya punya maag akut. Efeknya bagaimana? #AskVemale

Jawaban dokter : Jurnal medis menyatakan mengkonsumsi 1­2 cangkir sehari memiliki manfaat untuk tubuh. Lebih dari itu, tidak bermanfaat dan bisa berbahaya. Caffeine yang ada kopi meningkatkan produksi asam lambung sehingga asam lambung tersebut dapat mengiritasi dinding lambung. Gejala yang muncul pada awalnya yaitu nyeri perut bagian atas seperti diiris, bisa disertai muntah dan diare. Gejala muntah kehitaman bisa terjadi bila terjadi iritasi yang parah pada dinding lambung. Boleh saja mengkonsumsi kopi, namun konsumsilah kopi setelah makan. Hal tersebut akan menurunkan resiko timbulnya nyeri pada lambung.

@Sa_Wijaya96 : Setiap kali penyakit maag saya kambuh keringat banyak banget keluar disertai dengan perut yang nyeri mual.Gimana mengatasinya? #AskVemale

Jawaban dokter : Anda bisa mengkonsumsi obat­obatan lambung. Namun pada dyspepsia ( rasa tidak nyaman pada lambung, bisa mual, perih, kembung, dan lainnya) diperlukan makan yang teratur di jam yang tepat. Usahakan makan pagi, siang dan malam di waktu yang sama. Ketika gejala maag kambuh, terkadang kita tidak nafsu makan/mual. Usahakan tetap makan, namun makanlah makanan yang lunak, tidak pedas dan tidak asam disertai mengkonsumsi obat lambung yang membantu produksi asam lambung. Porsi makan sedikit namun sering jauh lebih baik daripada makan sekali sekali dengan porsi yang banyak.

Wah, banyak juga ya Ladies yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan. Nah, bagi Anda yang masih menyimpan pertanyaan seputar kesehatan, jangan lewatkan konsultasi berikutnya ya. Makanya, yuk follow @VemaleDotcom dan gabung di #AskVemale. Jangan sampai terlewatkan ya..

(vem/riz)
What's On Fimela
Loading