Sukses

Beauty

Beberapa Penyebab Sering Telat Menstruasi

Beberapa wanita sering mengalami telat menstruasi. Bahkan, tak jarang juga dari mereka yang memang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini sering membuat resah, apalagi beberapa penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita memiliki gejala menstruasi yang tidak teratur.

Nah, bagi Anda yang sering mengalami menstruasi tidak teratur, ketahui penyebabnya yuk, dilansir dari MeetDoctor.com:

  • Sakit. Saat Anda sakit, biasanya akan terjadi perubahan hormon yang membuat terlambat haid. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena hal ini bersifat sementara dan akan kembali normal ketika Anda sembuh.
  • Stres. Stres adalah penyebab paling banyak yang dialami oleh para wanita. Saat stres makan tubuh akan menurunkan hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang menyebabkan menstruasi Anda terlambat.
  • Obat. Obat-obatan tertentu juga dapat membuat Anda terlambat menstruasi. Umumnya terlambat menstruasi adalah efek samping dari pengobatan yang sedang Anda konsumsi.
  • Kegemukan. Kegemukan juga menjadi salah satu faktor penyebab terlambatnya menstruasi Anda. Hal itu disebabkan, saat berat badan berlebihan maka secara otomatis hormon akan menggeser siklus menstruasi dan bahkan menghentikannya.
  • Terlalu kurus. Kekurangan berat badan rupanya juga dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga membuat Anda terlambat menstruasi. Inilah yang disebut amonorrhea.
  • Menopause. Menopause adalah masa di mana Anda tidak akan berovulasi sehingga tidak akan mengalami menstruasi lagi. Menopause pun bisa terjadi lebih cepat karena proses seperti kemoterapi.
  • Perubahan jadwal. Perubahan jadwal seperti biasanya Anda bekerja pada pagi hari lalu berubah menjadi malam hari juga bisa menjadi salah satu penyebabnya terlambatnya datang bulan.

Ladies, alangkah baiknya jika Anda juga memeriksakan pada dokter ahli untuk mengetahui secara pasti penyebab Anda terlambat menstruasi. Semoga bermanfaat.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading