Sukses

Beauty

9 Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

Ladies, tak perlu paranoid berlebihan saat tubuh terpapar sinar matahari. Pada kenyataannya sinar matahari pagi sangat baik untuk tubuh. Bahkan ada terapi khusus yang menggunakan sinar matahari, yaitu heliotherapy. Selain itu ada juga Atapa Snana yang merupakan istilah dalam olahraga yoga untuk manfaat penyembuhan dari berjemur di bawah sinar matahari.

Mendapatkan sinar matahari yang cukup pun bisa memberikan banyak manfaat besar untuk tubuh. Dilansir dari mindbodygreen.com, ada 9 manfaat yang bisa kita peroleh dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Membunuh Bakteri Jahat
Tentara jerman setelah Perang Dunia II mengetahui hal ini setelah ada penemuan yang dibuat oleh pemenang hadiah Nobel, Niels Finsen. Mereka menggunakan sinar matahari untuk mensterilkan dan menyembuhkan luka.

Mengatasi Gangguan Kulit
Sinar matahari bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, eksim, dan infeksi jamur.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Sinar matahari bisa mengubah kolesterol tinggi di dalam darah menjadi hormon steroid dan hormon seks yang dibutuhkan untuk produksi. Sebaliknya, hormon tersebut bisa berubah menjadi kolesterol jika kita tak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Menurunkan Tekanan Darah
Punya masalah dengan tekanan darah tinggi? Cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Membersihkan Darah dan Pembuluh Darah
Sinar matahari yang terserap kulit bisa membantu membersihkan darah dan pembuluh darah. Literatur medis yang dipublikasikan di Eropa menunjukkan bahwa penderita atherosclerosis (arteri yang mengeras) bisa membaik setelah terkena sinar matahari.

Menambah Pasokan Oksigen ke Dalam Tubuh
Mirip dengan efek yang didapat dari olahraga, sinar matahari bisa menambah pasokan oksigen ke dalam tubuh. Sinar matahari juga baik untuk perkembangan otot, stamina, dan kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sel darah putih yang bisa meningkat jumlahnya setelah tubuh terkena paparan sinar matahari bisa membuat tubuh lebih kuat dan terhindar dari infeksi.

Baik untuk Perkembangan Anak
Pertumbuhan dan tinggi badan anak, khususnya bayi, bisa meningkat jika mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Penelitian juga menunjukkan bahwa seberapa sering seorang bayi mendapat sinar matahari pagi menentukan tinggi badannya kelak.

Mengatasi Depresi
Sinar matahari bisa menghantarkan 100.000 lux. Sementara saat Anda duduk di kantor sepanjang hari tanpa sinar matahari, dengan penerangan lampu ruangan, Anda bisa terkena “tipuan cuaca”. Nantinya Anda bisa berisiko terkena Seasonal Affective Disorder , salah satu jenis depresi yang biasanya paling banyak dialami orang-orang yang bekerja berjam-jam di ruangan.

Satu hal penting yang perlu digaris bawahi adalah dapatkan sinar matahari yang cukup. Setidaknya dapatkan sinar matahari pagi di pukul 6-8. Supaya kulit Anda tidak terbakar dan jika kulit Anda jenis kulit yang sensitif, pastikan Anda bisa mengontrol paparan sinar matahari yang Anda dapat.

 

 

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading