Sukses

Beauty

Waspadai Cidera Iliotibial Band Syndrome Saat Lari Dan Cara Mengatasinya

Kegiatan lari adalah kegiatan paling mudah jika Anda ingin berolahraga. Anda bisa melakukannya di sekitar rumah atau berlari di atas treadmill. Ini juga merupakan olahraga paling murah yang mampu menjaga kesehatan jantung dan melatih otot kaki.

Meski begitu, olahraga lari ini juga memiliki risiko cidera saat Anda melakukannya. Berdasarkan health.com, salah satu cidera yang bisa terjadi saat berlari adalah sindrom iliotibial band. Namanya memang agak susah. Bukan hanya bisa terjadi karena olahraga lari, cidera ini juga bisa terjadi jika Anda melakukan olahraga bersepeda, hiking atau angkat beban karena tekanan berlebihan.

Saat terjadi cidera, Anda akan merasa nyeri di sekitar bagian luar lutut dan atau pinggul. Hal ini terjadi karena adanya stres pada otot di bagian pinggul hingga lutut sehingga otot menegang dan membengkak. Cara mengatasinya, Anda harus mengurangi jarak tempuh lari hingga 50% dari kemampuan Anda dan sebisa mungkin tidak berlari kencang.

Mengompres bagian yang nyeri juga bisa dilakukan. Untuk mencegahnya, secara teratur latih sisi pinggul dengan mengangkat ke atas atau sikap lilin. Berlatih beberapa gerakan yang berhubungan dengan penguatan pinggul akan lebih baik.

Well, semua olahraga pasti memiliki risiko cidera, tinggal bagaimana saja Anda mengatasi dan mencegahnya agar tidak terjadi ya Ladies. Pastikan untuk melakukan pemanasan dengan baik untuk meregangkan otot dan membiasakan tubuh untuk bergerak sebelum berlari kencang ya. Happy running Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading