Sukses

Beauty

5 Cara Pemanasan Yang Bisa Dilakukan Sebelum Mulai Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun jangan asal olahraga ya Ladies. Tubuh butuh adaptasi terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memulai aktivitas fisik yang agak berat seperti olahraga.

Seperti dikutip dari boldsky.com, pemanasan sebelum olahraga itu sangat penting untuk menghindari terjadinya cidera atau kram kram otot dan ada beberapa cara pemanasan yang bisa dilakukan sebelum benar-benar melakukan olahraga, antara lain adalah

    Berjalan

    Berjalan adalah cara paling mudah untuk memanaskan tubuh sebelum tubuh mulai olahraga. Ambil 5-10 menit untuk berjalan santai sambil menggerakkan tubuh bagian atas atau stretching. Berjalan akan membuat detak jantung lebih cepat dan siap untuk aktivitas fisik lebih berat.

    Menekuk, memutar, merentangkan dan meluruskan kaki dan tangan

    Stretching dengan merentangkan dan menekuk tangan serta kaki ini sudah sangat umum. Hal ini dilakukan untuk membiasakan otot terhadap gerakan spontan. Dengan hitungan 8x2 yang dilakukan bergantian antara kiri dan kanan. Biasanya juga diikuti dengan pemanasan bagian kepala seperti mengangguk, mendongak, menggeleng dan lain sebagainya.

    Berlari di tempat

    Untuk memanaskan tubuh dengan cepat, Anda juga bisa mengikuti pemanasan ala pemain sepak bola, yaitu berlari di tempat. Pemanasan ini cukup melelahkan jika dilakukan dalam waktu lama. Namun sangat cocok untuk pemanasan sebelum mulai olahraga lari sungguhan.

    Melompat-lompat di tempat

    Tubuh juga perlu dibiasakan untuk melompat untuk melatih otot-otot kaki agar tidak mudah kram. Cara ini juga cara yang mudah untuk memanaskan tubuh, membuat suhu tubuh cepat naik dan siap untuk gerakan olahraga yang cepat.

    Squat

    Squat akan sangat baik melatih otot paha dan betis dan cara pemanasan yang sangat baik untuk menghindari cedera dan kram. Sebelum berenang, Anda bisa melakukan pemanasan ini karena otot kaki akan banyak tertarik saat berenang. Lakukan dengan perlahan hingga cepat berulang kali.

Nah, itu dia beberapa pemanasan yang bisa Anda lakukan sebelum mulia olahraga. Ingat, selalu biasakan pemanasan karena sangat penting melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk menghindari kram otot dan cidera yang menyakitkan.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Hotel di Jakarta, Bali, dan Surabaya Agar Lebaran Semakin Berkesan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengolah Jengkol Agar Empuk dan Tidak Pahit