Sukses

Beauty

Ups, Perut Buncit Tak Kunjung Pergi? Mungkin Ini Kesalahannya

Banyak orang yang menjalankan diet seringkali terheran-heran, mengapa usaha dietnya dirasa kurang berhasil. Setiap melihat perut, selalu masih bergelambir dan bahkan buncit. Masih saja ada timbunan lemak di bagian perut, dan susah sekali punya perut rata.

Tunggu dulu, mungkin ada yang salah dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Seperti dikutip dari healthmeup.com, berikut 5 alasan yang mungkin menjadikan Anda kesulitan membentuk perut yang rata, antara lain adalah

    Pengaruh umur

    Tubuh saat muda dan saat tua jelas berbeda. Tubuh mengalami perubahan hormon pertumbuhan (HGH) dan kekencangan kulit. HGH adalah hormon penting yang membantu metabolisme lemak dan membangun otot. Oleh karena itu penurunan berat badan jauh lebih sulit ketika Anda lebih tua.

    Jika Anda masih muda, membentuk otot perut dan membakar lemak bisa lebih mudah. Jika Anda wanita dan pernah melahirkan, perut yang bergelambir sebenarnya cukup umum jika tidak bisa kembali ke bentuk semula saat Anda masih perawan dulu.

    Olahraga yang salah

    Jika Anda ingin cepat membakar lemak, maka olahraga kardio adalah yang terbaik, namun jika Anda tidak mengimbangi dengan olahraga yang melatih otot perut, maka akan percuma. Pilih olahraga seperti sit up, hula hoop dan squat yang bisa melatih kekencangan otot sekaligus membakar lemak.

    Tidak cukup tidur

    Pada kenyataannya, tidur memang berhubungan dengan berat badan Anda. Tidak cukup tidur bisa mengacaukan metabolisme tubuh dan membuat tubuh lebih sedikit membakar lemak. Terlalu banyak begadang juga membuat Anda lebih rentan ngemil atau makan makanan saat malam hari. Selalu pastikan tidur 8 jam per hari.

    Anda stres

    Stres bisa menyebabkan tubuh memproduksi kortisol, hormon stres yang menghambat terbakarnya kalori atau lemak menumpuk. Stres juga dapat memicu penimbunan lemak. Jadi penting sekali mengelola perasaan Anda dan mencoba sebisa mungkin agar tidak stres.

    Cara makan yang salah

    Tubuh bereaksi terhadap makanan yang berbeda-beda. Ada yang cepat menurunkan berat badan dengan hanya makan 2 kali sehari, ada yang harus berjuang keras. Selalu batasi porsi makanan meskipun makanan Anda berupa sayur dan buah. Jika terlalu banyak, tetap saja bisa menumpuk kalori.

Jadi, perhatikan 5 alasan di atas, dan apakah Anda sedang melakukan salah satunya? Yuk ubah kebiasaan dengan yang lebih baik agar perut tak lagi buncit.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading