Sukses

Beauty

Cara Cerdas Dan Tepat Mencegah Stres

Tekanan pekerjaan dan banyaknya hal yang Anda pikirkan dapat memicu stress. Berikut cara tepat untuk menghalau stress seperti yang dilansir webmd.com.

    Meditasi

    Beberapa menit latihan meditasi dapat mengurangi stress Anda. Latihan meditasi ini dapat Anda mulai dengan duduk tegak dengan kedua kaki di lantai. Tutup mata Anda. Fokuskan perhatian Anda dengan mengucapkan mantra atau kalimat positif seperti "Saya merasa damai" atau "Saya mencintai diri saya sendiri." Tempatkan satu tangan di perut Anda untuk melakukan sinkronisasi mantra dengan napas Anda. Biarkan pikiran Anda melayang dengan tenang.

    Tarik napas dalam-dalam

    Dengan menarik napas dalam-dalam akan mengcounter efek stress Anda, hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah Anda. 

    Bersosialisasi

    Berbicara langsung dengan orang-orang terdekat Anda dapat mengurangi stress. Membicarakan hal positif akan membuat Anda merasa ringan dan terbebas dari tekanan yang membuat Anda stress.

    Tertawa

    Dengan tertawa lepas Anda dapat menghilangkan beban pikiran Anda. Tawa dapat menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stress dalam tubuh Anda. Selain itu tawa juga meningkatkan enzim endofrin yang dapat membuat efek bahagia dalam tubuh Anda. Anda dapat membaca buku cerita yang lucu seperti komik kegemaran Anda, video lucu atau mengobrol dengan orang terkasih.

    Mendengarkan Musik

    Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung, dan kecemasan. Pilihlah lagu-lagu penyemangat, yang membuat Anda merasa bahagia, hindari lagu-lagu mellow yang hanya akan membuat Anda mengingat masalah Anda.

Yang perlu Anda ingat adalah, setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Selalu fokus pada solusi bukan pada masalahnya, maka Anda akan jauh terhindar dari stress. Selamat mencoba, semoga sukses.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading