Sukses

Beauty

5 Manfaat Mengagumkan Melamun Yang Jarang Diduga

Bisa dipastikan hampir semua orang pernah melamun dan asik dengan pikirannya sendiri. Bahkan, ketika melamun seseorang tidak menyadari bahwa ada orang lain di sampingnya. Tidak sedikit orang mengatakan bahwa melamun merupakan kegiatan yang kurang kerjaan dan dianggap kurang baik.

Melamun juga dianggap sebagai kegiatan yang sangat tidak produktif, membuang-buang waktu bahkan bisa membuat orang kehilangan akal sehatnya.

Tapi benarkah melamun sangat tidak bermanfaat dan sama sekali tidak positif? Dikutip dari laman lifehack.org, rupanya melamun memiliki banyak manfaat untuk pikiran lho Ladies. Melamun bahkan dikatakan mampu membuat seseorang bisa berpikir makin kritis dan meningkatkan kreativitas seseorang. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai manfaat melamun. Simak baik-baik ya.

(vem/mim)

Melatih Otak

Ahli Neuroscience Dr Muireann dari Irlandia mengatakan bahwa melamun adalah salah satu kegiatan yang membuat otak kerja keras dalam berpikir. Tidak jarang melamun juga membuat seseorang membuat otak berpikir keras memikirkan masa lalu sekaligus membayangkan masa depan. Dengan pikiran ini, otak akan berpikir dan berlatih dengan keras menemukan cara terbaik untuk hidup.

Ketika melamun, tidak jarang otak akan berpikir secara lebih kompleks dan berat. Dan jika hal ini terjadi, maka melamun juga menjadi salah satu cara untuk kembali mengasah ketajaman otak.

Meningkatkan Kreativitas

Tidak jarang orang menemukan ide-ide terbaik mereka setelah mereka melamun. Kejadian yang menimpa seseorang atau masalah yang sedang dihadapi dan membuatnya melamun serta berpikir keras bisa menjadi salah satu pemicu munculnya kreativitas.

Sadar atau tidak, saat Anda melamun, Anda akan menemukan beragam ide dan pemikiran-pemikiran baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Beberapa study mengungkapkan jika melamun adalah cara awal untuk mendapatkan ide-ide dan kreativitas baru dari dalam otak.

Mengaktifkan Sekaligus Mengistirahatkan Otak

Melamun adalah kesempatan baik bagi otak agar ia istirahat sekaligus aktif. Melamun juga menjadi cara terbaik agar pikiran menjadi rileks dan berpikir keras secara bergantian.

Perlu diketahui, di dalam otak terdapat dua sistem. Masing-masing sistem sendiri memiliki tugas dan aktivitas sendiri-sendiri. Salah satu sistem di otak berfungsi untuk merasakan empati sedangkan sistem lainnya berfungsi dalam aktivitas pengambilan keputusan. Dalam kondisi normal, hanya satu sistem pada otak yang bekerja. Tapi, di saat melamun dua sistem ini bekerja secara aktif bersama dan bergantian

Menyehatkan Tubuh

Percaya atau tidak, ternyata melamun sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Tapi ingat, melamun yang menyehatkan tubuh adalah melamun yang tidak terjadi ketika pikiran stres. Study menyebutkan bahwa melamun setara dengan hipnotis dan yang bisa merileksasi pikiran.

Melamun adalah salah satu kegiatan yang memerintahkan otak untuk menurunkan level stres. Mengingat masa lalu yang menyenangkan dan membayangkan masa depan yang bahagia adalah contoh melamun yang bisa menyehatkan tubuh.

Meningkatkan Memori / Daya Ingat

Study mengungkap bahwa melamun tak hanya bisa meningkatkan kreativitas saja. Lebih jauh, melamun juga bisa memperbaiki memori dan daya ingat otak. Riset yang dilakukan di University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science telah menunjukkan korelasi yang cukup tinggi antara melamun dan meningkatnya kemampuan memori / daya ingat.

Itulah beberapa manfaat melamun yang mungkin jarang kita duga. Selain manfaat di atas, beberapa manfaat lain dari melamun antara lain adalah meningkatkan rasa empati, meningkatkan kecintaan Anda pada kerabat dan orang terdekat, menjadikan Anda sebagai seseorang yang mudah memahami orang lain dan bisa membuat Anda lebih bahagia.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tapi perlu diingat, melamun terlalu sering dan berlarut-larut dalam kesedihan justru sangat tidak bermanfaat dan bisa membuat Anda makin terpuruk. Usahakan melamun dalam kadar yang pas, dalam arti tidak terlalu sering dan tidak pula terlalu jarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading