Sukses

Beauty

4 Penyebab Mengejutkan Dari Sembelit Yang Jarang Disadari

Pernah mengalami kesulitan buang air besar atau buang air besar dengan waktu yang tidak teratur? Kesulitan buang air besar ini biasa disebut dengan sembelit. Menurut medis, sembelit merupakan kelainan pada sistem pencernaan yang menyebabkan pengerasan tinja dan akhirnya membuat seseorang kesulitan buang air besar.

Sembelit adalah kondisi yang tak hanya menyebabkan sakit saat buang air besar. Beberapa study menyebutkan jika sembelit juga memicu beragam masalah kesehatan termasuk menyebabkan kanker usus. Sembelit sendiri disebabkan oleh banyak hal. Seperti dilansir dari laman prevention.com, berikut ini adalah beberapa penyebab dari sembelit yang bahkan jarang disadari sebelumnya.

(vem/mim)

Depresi

Tidak banyak yang menyadari bahwa penyebab utama dari sembelit adalah depresi. Tapi, beberapa penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa depresi bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan pencernaan dan merupakan salah satu penyebab dari masalah sembelit.

Seorang psikiater bernama Wendy Levine, MD dari St Vincent Medical Center di Bridgeport mengungkapkan jika orang-orang yang sedang dilanda depresi kemungkinan besar akan menghabiskan waktu di tempat tidur. Orang-orang yang sedang dilanda depresi juga rentan dengan pola hidup yang tidak sehat dan membuatnya menderita sembelit atau masalah pencernaan lain yang lebih serius.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Study menyebutkan jika beberapa jenis obat berpotensi menyebabkan sembelit. Obat-obatan ini biasanya merupakan obat penghilang rasa sakit, obat penenang dan narkotika. Di dalam sejenis obat tertentu ini dikatakan mengandung beberapa senyawa yang membuat kinerja pencernaan tak maksimal dan memicu sembelit.

Menurut American Gastroenterological Foundation, beberapa obat yang mengandung anti depresan, antasida, antispasmodic dan anti konvulsan (untuk epilepsi) merupakan obat yang memicu sembelit. Tidak hanya itu saja, obat-obatan ini juga tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi serta jantung.

Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan cokelat. Rasanya yang khas dan kandungan anti oksidan yang cukup tinggi di dalam cokelat menjadikan makanan satu ini begitu digemari. Tapi tahukah Anda? Konsumsi cokelat berlebih justru sangat tidak baik bagi sistem pencernaan. Cokelat juga menjadi salah satu makanan pemicu sembelit.

Penelitian yang diterbitkan di European Journal of Gastroenterology dan Hepatology menyebutkan jika nutrisi pada cokelat terutama indulgensi di dalamnya menjadi penyebab dari masalah sembelit. Nutrisi pada cokelat juga dikatakan bisa membuat perut tidak nyaman, pencernaan tidak sehat serta sembelit.

Kehamilan

Selama masa kehamilan, hormon progesteron dalam tubuh melemaskan otot-otot halus yang terdapat di usus. Karena pelepasan ini, usus pun menjadi bergerak lebih lambat dan hal ini bisa memicu munculnya penyakit sembelit. Perlu kita tahu, tidak sedikit wanita hamil yang mengalami kesulitan buang air besar karena pengerasan tinja akibat sembelit.

Itulah beberapa penyebab sembelit yang jarang disadari selama ini. Selain hal di atas, penyebab sembelit lainnya adalah IBS (Irratable Bowel Syndrome), pola hidup yang tidak sehat, konsumsi air putih yang kurang, kurang serat dan kelebihan laktasit di dalam perut.

Agar tidak terjadi sembelit pada diri Anda, pastikan untuk selalu menjaga pola makan dan terapkan pola hidup sehat. Jangan lupa untuk minum air cukup, makan serat cukup berupa sayur dan buah, hindari konsumsi obat-obatan tertentu serta miliki olahraga teratur.

Semoga informasi ini bermanfaat. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading