Sukses

Beauty

10 Cara Praktis Melindungi Mata dari Bahaya Sinar Layar Gadget

Ladies, seberapa sering Anda menggunakan gadget dalam sehari? Mulai dari penggunaan ponsel, laptop, komputer, hingga televisi. Di dunia modern ini sulit rasanya untuk benar-benar lepas dari penggunaan gadget. Bahkan aktivitas kita sehari-hari selalu berkaitan dengan gadget, padahal kalau berlebihan, kesehatan mata kita bisa terganggu, lho.

Untuk melindungi mata dari bahaya sinar layar gadget, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari lifehack.org, ada 10 tips praktis yang bisa Anda ikuti untuk melindungi mata dari efek negatif sinar layar gadget yang berlebihan. Selengkapnya, yuk simak info detailnya di bawah ini.

1. Berkedip dan Ubah Posisi Jarak Pandang
Saat sudah fokus mengerjakan sesuatu di depan komputer misalnya, kita sering lupa untuk berkedip. Padahal berkedip ini sangat penting ketika sedang menggunakan gadget. Kalau mata dibiarkan terbuka dalam waktu lama, maka akan terasa kering dan pastinya akan menimbulkan rasa tak nyaman. Selain itu, ubah posisi jarak pandang setiap beberapa sekali agar bola mata tak terasa kaku.

2. Posisikan Monitor Sepanjang Lengan Tangan
Saat bekerja dengan komputer atau laptop, usahakan jarak monitor adalah sepanjang lengan tangan dari mata Anda.

3. Dapatkan Paparan Sinar Matahari
Usahakan untuk meluangkan waktu beberapa menit mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Tujuannya untuk menyesuaikan ritme sirkadian Anda dan meningkatkan mood.

4. Mengatur Pencahayaan Layar
Kalau Anda menggunakan gadget di ruangan atau tempat dengan cahaya melimpah, tingkatkan pencahayaan layar gadget Anda. Sebaliknya, jika ruangan redup, pencahayaan gadget perlu dikurangi.

5. Cegah Silau
Pastikan layar gadget Anda bersih. Usahakan saat menggunakan gadget, Anda tak merasa silau. Caranya bisa disiasati dengan menggunakan tirai jendela yang tepat (saat bekerja dengan komputer di dalam ruangan terang) atau menyesuaikan pencahayaan ruangan dengan cahaya dari monitor gadget Anda.

6. Gunakan Kacamata Khusus
Saat ini sudah ada kacamata yang didesain khusus untuk mengatasi silau dan melindungi mata dari paparan sinar monitor berlebih.

7. Imbangi dengan Pola Makan yang Baik
Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, imbangi juga dengan pola makan yang sehat, ya Ladies.

8. Posisikan Layar 5 Inci Lebih Rendah dari Mata
Saat menggunakan ponsel atau tablet misalnya, posisikan layar 5 inci lebih rendah dari mata Anda. Dengan begitu mata akan terbuka lebih sedikit dan tidak mudah lelah.

9. Istirahat Setiap 15-20 Menit
Setiap 15-20 menit sekali, istirahatlah. Anda bisa gunakan waktu istirahat untuk berkedip, istirahat dengan memejamkan mata, atau jalan-jalan di sekitar ruangan.

10. Kurangi Penggunaan Gadget Sesaat Sebelum Tidur
Minimal sejam sebelum tidur, jauhkan diri Anda dari gadget apapun. Cara ini bisa membantu Anda lebih mengontrol penggunaan gadget setiap harinya.

Ladies, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mata adalah aset yang sangat penting. Jangan sampai karena kelalaian kita sendiri, kita harus menanggung risikonya, ya.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading