Sukses

Beauty

4 Hal Yang Bisa Menyebabkan Gemuk Namun Jarang Disadari

Wanita mana sih yang ingin tubuhnya gemuk? Pada dasarnya, setiap wanita ingin memiliki tubuh langsing, berat badan ideal dan jauh dari masalah gemuk. Tapi nih ya, meski telah melakukan berbagai olahraga rutin, menjaga pola makan dan minum obat diet, tak sedikit wanita yang tetap memiliki tubuh gemuk. Kog bisa?

Perlu kita tahu Ladies, penyebab gemuk bukan hanya karena makan terlalu banyak, karena tidak pernah olahraga atau karena tidak minum obat diet. Lebih jauh, gemuk juga bisa disebabkan karena adanya faktor genetik dan pengaruh lain yang sangat sepele tapi mungkin sangat jarang kita sadari. Kira-kira, apa sih penyebab kegemukan yang sepele namun jarang disadari tersebut? Berikut ulasannya.

    Kebiasaan Telat Bangun

    Buat kamu yang punya kebiasaan telat bangun, nggak sadar kan kenapa berat badan kamu sulit turun dan tubuh kamu gemuk? Yes, kebiasaan telat bangun ternyata menjadi salah satu pemicu kenapa badan gemuk. Apalagi, jika saat bangun tidur ini kamu justru langsung makan dan tidak mandi dulu. Padahal nih ya, beberapa study menyebutkan jika bangun di pagi hari dan mandi air dingin di pagi hari (subuh) bisa membantu melunturkan lemak dalam tubuh penyebab kegemukan. Nah, bagi kamu yang terbiasa telat bangun namun tak ingin gemuk, mulai sekarang cobalah untuk bangun lebih pagi dan lakukan aktivitas yang bakal bikin badan lebih fit serta langsing.

    Stress

    Penyebab kegemukan selanjutnya adalah stres. Ketika stres, seseorang tidak akan sadar jika ia makan terlalu banyak. Karena stres ini pula, seseorang sering tidak menyadari bahwa hidupnya hanya digunakan untuk makan, tidur, merenung di dalam kamar atau ngemil. Jika sudah begini, jangan tanyakan lagi kenapa tubuh kamu gemuk dan tak bisa langsing dengan cepat ya? Namun ingat, stres bukan hanya penyebab dari kegemukan saja. Stres juga bisa memicu tubuh menjadi lebih kurus dan tidak terawat karena nafsu makan berkurang.

    Pengaruh Obat-Obatan

    Beberapa study menyebutkan jika beberapa obat-obatan mampu membuat tubuh seseorang menjadi gemuk. Dan yang disayangkan, kegemukan ini merupakan kegemukan yang tidak sehat. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan jika beberapa obat akan meningkatkan nafsu makan. Dengan meningkatnya nafsu makan ini, secara tidak sadar berat badan pun akan bertambah dan kamu akan menjadi gemuk.

    Menopause

    Ketika memasuki masa menopause, sebagian besar tak bisa seenerjik dan selincah waktu ia masih muda dulu. Selain itu, proses metabolisme tubuh pun akan melambat dan sistem hormon mengalami perubahan. Di saat inilah, nafsu makan akan bertambah dan tubuh mengalami banyak perubahan. Dan salah satu perubahan yang bisa dilihat dengan jelas adalah perubahan pada bentuk badan termasuk perubahan bahwa badan menjadi mudah gemuk dari sebelumnya.

Itulah beberapa penyebab kegemukan yang jarang disadari. Terlepas dari penyebab di atas, pola makan, pola tidur dan pola hidup menjadi penyebab kegemukan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading