Sukses

Beauty

Jangan Disepelekan: Kenali 5 Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal Pada Wanita

Jangan anggap remeh batu ginjal, Ladies. Pasalnya, saat ini 7 dari 10 wanita diam-diam menderita batu ginjal, seperti yang dilansir oleh boldsky.com. Batu ginjal adalah endapan bahan kimia yang telah mengeras di dalam ginjal. Ini diakibatkan kandungan garam yang tinggi dan protein hewani yang berlebih sehingga mengakibatkan terbentuknya endapan mengeras. Selain itu, konsumsi obat yang terus-menerus juga dapat menjadi penyebab batu ginjal.

Lalu, seperti apa sih gejala batu ginjal pada wanita yang harus diwaspadai sejak dini? Berikut ini beberapa gejala-gejalanya:

    Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

    Gejala ini umumnya diakibatkan karena batu ginjal yang melewati saluran kencing. Minum air putih yang banyak dapat membantu menggelontor batu yang ada di ginjal.

    Mual

    Rasa tak enak di perut ini biasanya disertai dengan demam tinggi.

    Darah Pada Urin

    Jika menemui darah atau urin yang keruh, sebaiknya waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya. Karena bisa jadi ada indikasi penyakit lain, misalnya infeksi saluran kencing.

    Sakit di Bagian Bawah Perut

    Jika urinmu keruh disertai rasa sakit di bagian bawah perut, besar kemungkinan ada batu di ginjalmu.

    Mudah Berkeringat

    Keringat berlebih di ketiak dan wajah adalah gejala dini yang tak boleh disepelekan.

 Mengobati batu ginjal bisa dilakukan dengan mudah jika masih seukuran kacang atau  bola kelereng. Tetapi jika ukurannya lebih besar, perlu penanganan serius (operasi) dan berhati-hati karena jika terjebak di dalam ureter akan menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Jika kamu merasakan gejala-gejala awal ini, segera periksakan diri ke dokter ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading