Sukses

Beauty

5 Makanan Membuat Kamu Sering Buang Air Kecil Namun Jarang Disadari

Pada dasarnya, buang air kecil merupakan aktivitas yang sering kali dilakukan oleh setiap orang. Dan buang air kecil sendiri adalah aktivitas yang sangat wajar dilakukan oleh kita semua. Kalau seseorang tidak bisa buang air kecil, tentu hal ini akan sangat berbahaya. Tapi, jika buang air kecil ini terjadi secara terus-menerus, nampaknya hal ini juga akan begitu mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Masalah terlalu sering buang air kecil ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Karena sakit, karena kurang tidur, karena terlalu banyak minum atau karena mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat periode buang air kecil terjadi secara terus menerus. Dilansir dari laman boldksy.com, sedikitnya ada 5 makanan yang bisa membuat kamu sering buang air kecil. Makanan tersebut adalah:

    Makanan / Minuman Yang Mengandung Kafein

    Beberapa study menyebutkan jika kandungan kafein pada makanan atau minuman bisa memicu rasa ingin buang air kecil yang cukup sering. Kandungan kafein tersebut dipercaya mempengaruhi hormon anti-dieuretik. Sehingga, hal ini akan membuat kamu lebih sering ingin buang air kecil.

    Minuman / Makanan Yang Mengandung Alkohol

    Makanan yang bisa membuat hasrat ingin buang air kecil semakin sering selanjutnya adalah makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Sama seperti kafein, alkohol juga bisa mempengaruhi hormon anti-dieuretik di dalam tubuh dan akan membuat kamu lebih sering merasa ingin buang air kecil. So, jika kamu tak ingin sering buang air kecil, pastikan untuk mengurangi konsumsi kafein maupun alkohol.

    Jus Buah

    Sebenarnya, jus buah merupakan minuman yang sehat. Tapi, beberapa jus buah rupanya mengandung sorbitol atau yang dikenal sebagai glusitol (gula alkohol yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh). Kenapa sorbitol bisa membuat kita lebih sering buang air kecil? Karena, sorbitol ini juga sangat berpengaruh pada hormon anti-dieuretik di dalam tubuh. Kandungan cairan yang banyak di jus buah juga dipercaya bisa membuat kita merasa sering ingin buang air kecil.

    Soda

    Penelitian mengungkapkan jika segala sesuatu yang mengandung soda akan membuat kita merasa sering buang air kecil. Bahkan, beberapa penelitian menemukan jika minuman ringan yang mengandung soda akan lebih rentan mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan hasrat buang air kecil menjadi lebih sering.

    Cokelat

    Cokelat juga dikatakan sebagai makanan yang menyebabkan hasrat buang air kecil lebih meningkat dari biasanya. Beberapa senyawa yang terkandung di dalam cokelat juga dipercaya bisa mengiritasi kandung kemih. Tak hanya itu saja, beberapa senyawa yang terkandung di dalam cokelat juga mempengaruhi penyerapan air di ginjal.

Ladies, itulah beberapa makanan yang bisa membuat kamu merasa ingin buang air kecil lebih sering. Selain makanan di atas, hal yang paling sering dan paling umum membuat hasrat buang air kecil sangat sering adalah konsumsi cairan berlebih. Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. ^___^

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading