Sukses

Beauty

BAB Lancar Tanpa Sembelit, 5 Tips Ini Akan Membantu

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika Anda tidak bisa BAB lebih dari tiga hari, wah, pasti sangat tidak nyaman, kan? Selain menimbulkan ketidaknyamanan, kondisi ini juga bisa berarti indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam sistem pencernaan Anda dan sebaiknya segera diatasi sebab dikhawatirkan bisa memicu penyakit yang serius.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan ketika sembelit mendera? Dikutip dari laman www.womenshealthmag.com, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dokter atau minum obat pencahar.

  • Perbanyak Minum Air Putih. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sembelit. Sebab, ketika asupan cairan tercukupi, tubuh tidak perlu menghemat air agar organ-organ dalam berfungsi dengan benar. Sebaliknya, jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan memicu penyerapan air pada usus besar yang dapat mengakibatkan feces mengeras dan kering.
  • Lebih Banyak Bergerak. Jika minum air putih tidak juga dapat mengatasi sembelit yang Anda alami, kemungkinan Anda kurang banyak gerak. Cobalah jogging, lari-lari kecil, berdansa atau ikut senam aerobik. Banyak bergerak akan menggoyangkan perut dan usus, dan itu bisa berdampak positif mengatasi sembelit.
  • Tambah Konsumsi Serat. Untuk melancarkan BAB, Anda perlu mengonsumsi serat antara 25 hingga 50 gram per hari. Serat ini bisa Anda dapatkan dari roti gandum utuh, biji gandum, buah-buahan dan sayuran. Serat berkhasiat melunakkan feces yang keras, padat dan kering. Selain makanan berserat Anda juga bisa makan yoghurt yang mengandung probiotik.
  • Perbaiki Duduk Posisi Saat di Toilet. Jika ingin BAB lancar, duduklah dengan posisi yang tepat saat di toilet. Sebab, duduk di toilet pun ada tekniknya agar Anda bisa lancar BAB. Duduklah di toilet dengan mengarahkan tubuh ke depan. Istirahatkan lengan di paha dan sedikit angkat tumit kaki. Alternatif lain, arahkan badan ke depan dengan memegang pergelangan kaki. Teknik ini akan menimbulkan efek gravitasi yang akan membantu feces lebih cepat turun ke bawah.


So, Ladies, itulah 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar BAB tanpa perlu sembelit. Jika ke-4 tips ini sudah Anda lakukan namun Anda tak kunjung BAB lebih dari 3 hari, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading