Sukses

Beauty

Bukan Membuat Betis Besar, Pemakaian High-heels Justru...

High heels memang menjadi andalan bagi sebagian besar wanita untuk memiliki penampilan yang cetar ala Syahrini. Bukan hanya saat pesta, sebagian dari kita bahkan rutin mengenakannya untuk bekerja dan beraktivitas dalam keseharian lainnya. Meski membuat tubuh terlihat lebih tinggi, tapi sudah menjadi rahasia umum jika pemakaian sepatu berhak tinggi juga membuat kaki pegal, kram, bahkan nyeri berkepanjangan.

Ditambah lagi, sejumlah wanita juga banyak mengeluhkan jika tampilan betis menjadi lebih besar pasca rutin menggunakan high-heels. So, benarkah penggunaan high heels dengan intensitas tinggi dapat membuat betis lebih besar?

Marco Narici, seorang profesor dari Manchester Metropolitan University melakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban dari keluhan tersebut. Ia menganalisa 11 dari 80 wanita yang terbiasa menggunakan high-heels setidaknya setinggi 2 inchi dalam dua tahun terakhir.

Para responden dari penelitian yang dilakukan Narici sudah sangat terbiasa memakai sepatu heels sampai-sampai mereka merasa kurang nyaman jika harus beralas kaki tanpa hak. Marco dan peneliti lain pun mengevaluasi otot dan tendon dari mereka yang rajin memakai high heels maupun yang tidak.

Seperti dikutip dalam laman www.bbc.com, dari hasil scan MRI, wanita yang rutin mengaplikasikan high-heels tidak mengalami pembesaran masa otot pada bagian betis. Namun, hasil ultrasound menunjukkan jika pengguna setia sepatu hak tinggi mengalami pemendekan serat otot dari dari pada yang tidak suka pakai.

Sendi mereka pun ditemukan lebih tebal dan kencang. Hal ini memang masuk akal mengingat berjalan dengan menggunakan alas kaki hak tinggi membuat otot tak bisa meregang dengan sempurna.

Studi lain menunjukkan jika orang yang rutin mengenakan sepatu hak tinggi memang mengalami gangguan efisien otot di kaki ketika berjalan dan rentan cedera. Tetapi riset ini juga tak menyebutkan perbedaan ketebalan betis antara yang pakai sepatu hak tinggi dan yang tidak.

Kesimpulannya, pemakaian heels memang tak memperbesar betis namun membuat sendi memendek dan menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk menghindari cedera dan rasa tegang, Narici menyarankan agar Anda sering melakukan peregangan kaki. Caranya adalah dengan berjinjit beberapa kali di sebuah tangga. Jaga keseimbangan dengan berpegangan pada pegangan tangga. Selain itu, cobalah sekali-kali mengalternatifkan sepatu heels dengan flats agar kaki bisa beristirahat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading