Sukses

Beauty

Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini

Kita mungkin seringkali tidak acuh dengan makanan apa yang kita makan, yang penting rasa lapar terpuaskan. Padahal, banyak makanan yang tanpa disadari dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu berbagai macam penyakit, seperti stroke.

Dengan risiko yang cukup berbahaya inilah, penting bagi kita untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini memang susah-susah gampang. Apalagi jika Anda yang mempunyai kebiasaan banyak makan dan ngemil. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya kok, Ladies.

Dikutip dari laman timesofindia.com, berikut ini 3 jenis makanan yang bisa membantu Anda menurunkan hipertensi.

  • Bayam. Bayam kaya akan magnesium dan kalium. Dua jenis mineral ini berperan penting menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jadi, tambahkan sayuran hijau ini pada makanan Anda agar lebih sehat dan tekanan darah tetap terjaga.
  • Dark Chocolate. Menurut penelitian, mengonsumsi 25 – 30 kalori dari dark chocolate per hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini dikarenakan kandungan flavanol yang dimiliki dark chocolate. Falvanol adalah jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.
  • Tomat. Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi di Australia menunjukkan, dengan mengonsumsi 25 mg lycopene dalam diet setiap hari, kadar kolesterol jahat hingga 10 persen yang berefek juga pada tekanan darah yang lebih stabil. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus, sebagai saus pasta atau dijadikan sup.


Nah, itulah 3 makanan yang dapat membantu Anda menjaga (dan bahkan) menurunkan tekanan darah tinggi. Selain mengonsumsi 3 makanan ini, Anda juga harus menjaga pola makan agar lebih sehat ya! Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi, serta konsumsi lebih banyak buah dan sayur akan membantu Anda hidup lebih sehat dan terhindar dari risiko darah tinggi. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading