Sukses

Beauty

Waktu Yang Tepat Olahraga Lagi Setelah Sembuh Dari Sakit

Baru sembuh dari flu dan demam dan ingin mulai olahraga lagi? Terkadang tubuh kamu butuh waktu untuk benar-benar pulih sebelum kamu siap untuk olahraga dan melakukan aktivitas berat lagi. Jika tubuh belum pulih benar, kamu bisa jadi justru jatuh sakit lagi karena kelelahan.

Tapi kapan waktu yang tepat sebenarnya untuk bisa mulai olahraga lagi? Dan seberapa banyak waktu dan seberapa keras olahraga yang bisa kamu lakukan? Nah, ini dia yang perlu kamu perhatikan.

Jika kamu sebelumnya istirahat total di tempat tidur karena sakit selama seminggu lebih, kamu harus mengurangi 30% aktivitas dari kebiasaanmu olahraga, terutama untuk latihan kardio. Untuk bisa menjalani olahraga seperti biasanya, kamu juga harus memastikan kamu tak sedang demam dalam kurun waktu 48 jam sebelumnya.

Hari sebelumnya kamu juga harus cukup tidur dan tak merasa ada keluhan sakit apa pun. Jika kamu baru saja demam, jangan olahraga dulu karena energi tubuh masih dibutuhkan untuk melawan bakteri infeksi penyebab demam dalam tubuhmu. Jadi jika kamu olahraga saat seperti ini, justru memperburuk kondisi tubuh.

Untuk awal olahraga, kamu bisa berlatih kardio ringan seperti misalnya berjalan selama 20-30 menit saja. Membiasakan tubuh dengan aktivitas fisik ringan sambil memastikan tubuh mendapat cukup oksigen.

Selama pembiasaan ini berjalan baik, kamu bisa meneruskan hingga kondisi tubuh benar-benar sehat dan fit untuk kembali menjalani olahraga seperti biasa. Intinya, lakukan 70% dari olahraga biasanya jika kamu baru sembuh dari sakit.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading