Sukses

Beauty

Wajah Bersih dan Bebas Jerawat Thanks To 5 Makanan Sehat Ini

Merawat kecantikan kulit tidak cukup hanya dengan perawatan dari luar seperti memakai serum, pelembab atau lotion. Perawatan pun harus dilakukan dari dalam tubuh, salah satunya dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi. Sebab, makanan yang kamu asup juga berperan penting menjaga kesehatan kulit, terutama agar terhindar dari jerawat.

Disebutkan dalam laman www.womenshelath.com, pakar diet dan nutrisi Elisa Zied, menyebutkan lima makanan yang bisa membantu kulit lebih segar berkilau serta bebas jerawat. Yuk, simak satu per satu!

  • Minyak Ikan. Makan ikan yang mengandung lemak sehat seperti salmon, mackerel dan tuna bisa membantu kulit tetap lembap dari dalam tanpa membuatnya terlalu berminyak. Jenis ikan-ikanan tersebut kaya akan asam lemak yang memetabolisme asam amino (sejenis protein) yang baik bagi kesehatan kulit. Selain itu minyak ikan juga mengandung biotin yang mencegah kekeringan dan kulit pecah-pecah.
  • Ubi. Ubi mengandung banyak air yang menjaga kulit dan sel-sel lainnya agar tidak kekurangan cairan. Selain itu ubi berwarna oranye atau kuning juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang apabila dikonsumsi secara rutin, akan memberikan rona kulit wajah kekuningan atau kemerahan yang sehat.
  • Almond. Kaya akan vitamin E, almond juga ampuh merawat kesehatan kulit. Selain itu vitamin E juga meningkatkan kekuatan kulit dalam menghadapi kerusakan akibat radikal bebas maupun sinar matahari.
  • Biji Bunga Matahari. Suka ngemil kwaci? Maka jangan hentikan kebiasaan itu. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang mencegah kulit dari kerusakan, akibat lingkungan yang kotor.  
  • Karbohidrat Kompleks. Nasi merah, gandum utuh dan biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna tubuh dan memiliki kadar gula yang rendah. Makanan rendah gula baik untuk kulit dan bisa mencegah jerawat. Penting untuk diingat, karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie dan roti putih bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang membuat kulit rentan berjerawat dan kusam.


Nah, ternyata menjaga kesehatan kulit dengan makanan cukup mudah kan, Ladies? So, segera masukkan makanan-makanan ini dalam daftar konsumsi harianmu ya! Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading