Sukses

Beauty

Meski Enak, Makanan Ini Membuatmu Cepat Menua Lho Ladies

Makanan yang enak dengan kandungan gula dan garam tinggi tidak hanya membuat tubuh lebih mudah gemuk, tapi juga berpotensi mempercepat proses penuaan. Beberapa jenis makanan telah terbukti bisa mengakibatkan tubuh menua lebih cepat, karena memiliki unsur yang memberi tekanan pada tubuh sehingga sel-sel menjadi rusak dan menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, Susie Barrell, pakar nutrisi asal Australia mengatakan bahwa makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi akan meningkatkan peradangan pada tubuh secara bertubi-tubi. Sementara makanan yang tinggi sodium atau garam, menyebabkan penumpukan cairan yang membuat tubuh membengkak dan menambah beban pada sistem tubuh secara keseluruhan.

Dari beberapa jenis makanan yang diketahui bisa meningkatkan risiko penuaan dini pada tubuh maupun kulit, muffin dan cake menjadi salah satunya. Menu sarapan yang praktis dan mengenyangkan ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang apabila dikonsumsi terus menerus.

"Campuran lemak dan gula yang ada pada karbohidrat sederhana bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh," terang Susie.

Inflamasi atau peradangan merupakan respon dari sistem kekebalan ketika terjadi infeksi atau adanya suatu ketidakseimbangan pada tubuh. Respon ini sebenarnya bersifat positif namun jika peradangan terus berlangsung, akan menyebabkan gangguan pada tubuh termasuk kulit.

Makanan bergula dan berlemak bisa merusak kulit karena memengaruhi produksi kolagen. Kekurangan kolagen akan membuat kulit kering, cepat keriput dan akhirnya terlihat kusam dari luar.

Di samping muffin dan cake, minuman kopi seperti cafe latte, frapuccino atau ice blended yang umumnya menggunakan banyak gula agar rasanya lebih enak juga sebaiknya tidak kamu konsumsi dalam jumlah berlebih, Ladies.

Kenapa? Sebab dalam satu hidangan minuman-minuman tersebut, biasanya mengandung hingga enam sendok teh gula. Ketika gula masuk ke pembuluh darah, akan membentuk molekul-molekul yang bisa merusak struktur protein di dalam tubuh dan yang paling rentan mengalami kerusakan adalah kolagen.

Ketika protein yang berfungsi menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit ini rusak, kulit akan menjadi rapuh dan keriput serta garis-garis halus akan lebih cepat terbentuk. Selain itu kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi juga bisa mengurangi kelembaban alami kulit sehingga tampilannya jadi kusam dan terlihat tua.

Makanan yang digoreng dan berlemak tinggi juga menyebabkan penuaan dini secara signifikan. Tidak hanya mengandung banyak garam, tapi lemak trans yang terdapat di gorengan juga bisa menyebabkan kerusakan sel.

Lemak trans (lemak yang terbentuk dari proses penggorengan makanan berulang-ulang) juga mengurangi ketahanan kulit terhadap bahaya sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penuaan kulit jika tidak terlindungi dengan baik saat beraktivitas di luar rumah.

So, segera kurangi konsumsi makanan-makanan ini dalam asupan harianmu jika tak ingin kulit mengalami penuaan dini ya, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading