Sukses

Beauty

4 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Rekomendasi Para Dokter Gigi

Karena dianggap mudah, kesehatan mulut dan gigi seringkali terabaikan. Kebanyakan orang baru sadar akan pentingnya melakukan perawatan ketika sudah menghadapi masalah, misalnya gusi berdarah atau gigi berlubang. Sebelum kamu harus merasakan sakit yang menyiksa, sebaiknya perlakukan gigi dengan cara yang seharusnya. Dilansir dari laman dailymail.co.uk, berikut beberapa cara jitu merawat kesehatan gigi dan mulut rekomendasi para dokter gigi yang diungkapkan oleh Dr. Uchenna Okoye, seorang dokter gigi asal asal Inggris. Yuk, simak.

 

  • Jangan Menyikat dengan Gerakan Naik-Turun. Coba perhatikan kembali caramu menyikat gigi. Jika kamu melakukannya dengan gerakan naik-turun, sebaiknya ubahlah/kurangi gaya tersebut. Sebab, hal ini ternyata dapat menyebabkan gusi terkikis. Sebaiknya, gosoklah gigi dengan cara memutar. Kemudian pastikan bila sikat menjangkau bagian gusi terdalam karena di situlah tempat bakteri bersarang. Dokter Uchenna pun menyarankan agar kamu menyikat setiap bagian dengan waktu yang sama dan jangan terlalu cepat.
  • Mengunyah Permen Karet Tak Lebih dari 10 Menit. Bagi kamu yang hobi mengonsumsi permen karet, sebaiknya tidak mengunyahnya lebih dari 10 menit atau hanya berhenti ketika rasanya hilang. Sebab, menurut Dokter Uchenna, gigi berfungsi untuk menghancurkan sementara permen karet adalah makanan yang lunak. Hal tersebut akan menyebabkan gigi saling 'menghantam' satu sama lain dan membuatnya rusak di kemudian hari.
  • Sikat Gigi Sebelum Sarapan. Sebagian orang lebih memilih menyikat gigi setelah makan pagi dengan harapan gigi tetap bersih. Padahal cara tersebut kurang tepat. Terlebih untuk mereka yang memilih buah atau jus untuk sarapan. Menurut Dokter Uchenna, kandungan asam dalam buah bisa merusak email gigi jika kamu langsung menggosoknya setelah mengonsuminya.
  • Rajin Menyikat Lidah. Kunci dari nafas yang sehat adalah lidah yang bersih. Untuk itu, jangan lupa menggosok lidah untuk membersihkan bakteri yang bisa membuat nafas tak sedap. Disarankan agar kamu menggosok lidah dengan menggunakan sikat khusus. Pastikan pula untuk menjangkau bagian dalam.

Nah, itulah beberapa cara jitu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. So, pastikan kamu menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini mulai sekarang juga ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading