Sukses

Beauty

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan 4 Cara Alami Ini

Daya tahan tubuh yang kuat akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, di kala musim berubah, seperti sekarang ini, ada kalanya imunitas menurun sehingga kamu pun mudah terserang flu atau penyakit lainnya. Mengonsumsi pil atau kapsul suplemen bisa menjadi solusi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi cara terbaik untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat yang dijalani secara rutin tentu akan memberikan efek lebih lama ketimbang hanya sesekali meminum suplemen. Berikut ini beberapa cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu.

  • Memiliki Jam Tidur Teratur. Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Dikutip dari laman www.mayoclinic.org, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imun tubuh, membuatmu mudah terserang virus dan tubuh pun jadi lebih sulit untuk melawannya.
  • Menambah Asupan Bawang Putih. Hasil studi dari studi yang dilakukan University of Maryland Medical Center memaparkan bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga mencegah penyakit jantung. Kamu tidak harus makan bawang putih dalam keadaan mentah dan utuh, tapi bisa juga sebagai bumbu penyedap dalam masakan, hanya saja jumlahnya bisa ditambah. Bawang putih kaya akan antioksidan dan zat allicin yang melawan dan mengurangi kerusakan pada tubuh, disebabkan radikal bebas dari waktu ke waktu.
  • Konsumsi Sup Ayam. Tidak hanya lezat disantap, sup ayam juga kaya akan nutrisi yang membantu tubuh lebih kuat menghadapi gangguan kesehatan ringan. Berdasarkan studi dari University of Nebraska Medical Center, sup yang mengandung ayam dan sayuran punya efek anti peradangan ringan. Sup yang berisi ayam, bawang merah/bawang putih, kentang, wortel, seledri, garam dan merica telah terbukti memperlambat migrasi sel-sel darah putih ke saluran pernapasan sehingga membantu meredakan gejala pilek.
  • Rajin Berolahraga. Berdasarkan data dari US National Library of Medicine, aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyebab penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan. Olahraga juga melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih, memungkinkan tubuh Anda mendeteksi penyakit lebih dini.


Nah, itulah cara-cara alami yang bisa kamu gunakan untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang virus penyakit. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading