Sukses

Beauty

Susah Tidur? Makanan Ini Akan Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak

Makan di malam hari, terutama tepat sebelum tidur memang sangat tidak disarankan jika kamu ingin menurunkan berat badan. Tapi, bila ingin tidur lebih nyenyak, kamu justru disarankan makan sebelum beranjak ke tempat tidur lho, Ladies.

Saran yang memang cukup kontradiktif, khususnya jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan sekaligus juga mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Tapi,tak perlu buru-buru khawatir, karena semuanya tergantung dari makanan yang disantap di malam hari.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat ingin tidur lebih cepat dan nyenyak bukanlah makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk dan sayur. Mengutip dari laman www.huffingtonpost.com, pakar diet Alissa Rumsey mengatakan, camilan tinggi karbohidrat-lah yang bisa membantumu lebih mudah tidur nyenyak.

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat, akan membuat tubuh memproduksi insulin yang bertugas menjaga kadar gula atau glukosa dalam darah. Dijelaskan Alissa, insulin lah yang juga berperan membuat Anda jadi terkantuk dan tidur lebih cepat.

"Insulin bisa memengaruhi pengaturan jam tidur pada ritme sirkadian tubuh. Makan sesuatu yang bisa memicu pengeluaran insulin, misalnya karbohidrat, bisa membentuk pola sirkadian yang lebih sehat," tutur pakar diet yang juga menjadi juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics ini.

Peningkatan gula darah akan membuat insulin juga meningkat. Insulin akan membantu tryptophan masuk ke dalam otak. Tryptophan merupakan asam amino yang mendorong serotonin pada otak. Hormon ini bisa menciptakan rasa tenang, mengantuk dan lebih rileks.

Tapi perlu diingat, makanan yang dikonsumsi sebaiknya bukanlah makanan berat. Cukup sedikit camilan ringan yang tidak lebih dari 150 - 200 kalori dan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang untuk menimbulkan efek rileksĀ  dan ngantuk tersebut.

Alissa menyarankan untuk makan satu cangkir sereal dan sedikit susu, atau snack gandum dengan potongan keju di atasnya. Bisa juga sehelai roti gandum dengan sedikit olesan selai kacang, atau yoghurt dengan taburan granola. Ingat, yang kamu perlukan hanya sedikit camilan untuk membantu tidur, bukan mengenyangkan perut.

Hindari pula makanan yang mengandung kafein seperti cokelat atau makanan dengan kandungan teh. Jika kamu merupakan tipe orang yang sangat sensitif dengan kafein, konsumsi kafein, sesedikit apapun, tetap akan berpotensi membuatmu sulit tidur.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading