Sukses

Beauty

Olahraga Di Jalanan Yang Ramai Kendaraan, Masih Sehat Kah?

Olahraga adalah salah satu cara utama yang perlu kamu lakukan jika ingin punya badan sehat, bugar dan seksi. Sedangkan olahraga di dalam ruangan seperti misalnya melakukan gym, biasanya udaranya kurang bebas dan pengap, apalagi jika banyak orang. Kurangnya ventilasi udara menjadikan pergantian udara tidak maksimal di dalam gym.
 
Bukannya oksigen yang kamu hirup, justru karbondioksida lah yang mungkin akan lebih banyak masuk ke tubuh. Itulah mengapa banyak ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga di alam terbuka karena udaranya lebih bebas dan bersih.

Tapi jika kamu hidup di area perkotaan, sulit rasanya jika ingin olahraga di luar rumah tapi mencari tempat yang sepi dan bebas polusi, benar kan? Udara berpolusi adalah masalah kesehatan yang memang seringkali jadi topik yang banyak dibicarakan.

Selama melakukan olahraga aerobik semacam berlari, senam dan bersepeda, biasanya tubuh memerlukan lebih banyak udara dibanding ketika kamu melakukan olahraga angkat beban. Semakin banyak udara yang kamu hidup, semakin banyak pula polusi atau racun yang masuk ke dalam paru-paru. Hal inilah yang tak baik.

Udara polusi dari kendaraan bisa merusak sistem pernapasan dan masuk ke dalam aliran darah yang justru bahaya untuk kesehatan badan. Bahkan bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung. Polusi udara juga bisa memperburuk asma, namun tetap olahraga di luar ruang menjadi pilihan terbaik jika kamu melakukan olahraga.

Cara terbaik mengatasi hal ini adalah mencari tempat yang sepi kendaraan, seperti misalnya hutan kota, taman kota atau olahraga sebelum jam 7 pagi ketika belum banyak kendaraan. Hindari jogging atau bersepeda di bahu jalan dan selama jam padat kendaraan. Dan jika kamu sudah menyadari bahwa udaranya sudah mulai tak sehat, berhentilah olahraga.

Kamu juga bisa melakukan tredmill sendiri di rumah tapi taruh treadmill di halaman atau di loteng atas rumah yang bisa dikeluarkan kapan saja, jadi kamu bisa olahraga di rumah namun tetap bisa mendapat udara segar.

Olahraga di jalan banyak kendaraan memang tak sehat, tapi selalu ada cara-cara lain untuk mendapatkan udara segar. Keep working out ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading