Sukses

Beauty

7 Hal Yang Akan Terjadi Jika Kamu Membiasakan Plank Tiap Hari

Olahraga adalah syarat wajib jika kamu ingin punya tubuh super seksi, langsing tanpa lemak. Olahraga kardio adalah cara terbaik membakar banyak kalori dan jika kamu ingin mengencangkan otot dan bagian bergelambir atau buncit perut, maka latihan beban adalah jawabannya.

Salah satu olahraga angkat beban yang ringan namun efektif mengencangkan perut dan otot kamu adalah plank. Pernah dengar? Posenya mirip dengan posisi memulai push up, namun kamu harus menahan posisi ini semampu dan sekuat yang kamu mampu. Ini manfaat yang akan kamu dapat jika membiasakan melakukan plank tiap hari.

copyright by meanrat.com

    Mengencangkan otot perut

    Plank adalah latihan yang dilakukan untuk melatih kekuatan otot perut. Perut akan lebih rata, kamu akan lebih kuat mengangkat beban berat, lebih baik melakukan olahraga, terutama melompat.

    Menurunkan risiko sakit punggung

    Melakukan plank bukan hanya melatih otot perutmu, tapi juga mengurangi tekanan pada tulang belakang dan pinggul karena terlalu sering duduk. Menurut American Council on Exercise, melakukan plank tiap hari membantu mengurangi nyeri punggung dan yang penting adalah membuat otot punggung lebih kuat dan memperbaiki postur tubuh.

    Meningkatkan metabolisme

    Plank ternyata bisa membakar banyak kalori meski kamu tak bergerak terlalu banyak. Melakukan plank selama 1 menit lebih sebelum atau setelah bekerja bukan hanya bisa memperbaiki postur tubuh karena terlalu lama duduk, tapi juga meningkatkan sistem metabolisme.

    Meningkatkan keseimbangan badan

    Karena saat melakukan plank kamu menahan berat badan agar tidak mudah jatuh, ini membuatmu mampu melakukan latihan keseimbangan tubuh dengan baik tanpa kamu sadari. Kamu jadi lebih mudah menjaga keseimbangan tubuh saat berdiri dengan satu kaki dan lain sebagainya.

    Tubuh lebih fleksibel

    Fleksibilitas tubuh juga jadi manfaat utama terbiasa melakukan plank, terutama jika kamu melakukan berbagai variasi plank. Kamu bisa melatih otot bahu, lengan, dan kaki. Coba lakukan berbagai variasi plank seperti plank menyamping, dan lain sebagainya.

    Mengencangkan lengan dan paha

    Bukan hanya mengencangkan otot perut sehingga perutmu rata, plank juga melatih kekuatan otot lengan dan paha sehingga lebih kencang dan bebas gelambir. Tubuhmu jadi lebih proporsional dan seksi.

    Menurunkan stres

    Plank bukan hanya bisa membuat tubuhmu seksi, tapi ternyata juga bisa meningkatkan mood dan membuatmu bisa melepas stres setelah lelah bekerja, apalagi jika kamu bekerja dengan duduk berjam-jam.

Itu dia hal-hal menakjubkan yang akan kamu dapatkan jika rajin melakukan plank. Awalnya memang berat, kamu mungkin hanya bisa melakukan selama 5 detik, tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan bisa melakukannya lebih lama. Kamu bisa mendapatkan manfaat besar hanya dengan melakukannya 5-10 menit setiap hari. Tak percaya? Lakukan sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading