Sukses

Beauty

Terbukti, Olahraga Ampuh Turunkan Berat Badan Dibanding Diet

Jika kamu sedang berencana menurunkan berat badan, kamu pasti akan rajin membaca banyak artikel dan berbagai sumber sebelum memulai program penurunan berat badanmu, kan?

Dua hal yang perlu kamu ubah dari kebiasaan harianmu adalah mengatur pola makan atau diet dan olahraga. Kedua hal ini adalah kunci utama jika kamu ingin bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi ada orang yang tak bisa menjalankan salah satu dari kedua hal ini sekaligus bersamaan.

Butuh pembiasaan sebelum bisa menerapkan dua hal ini, terutama mengubah pola makan. Kalau begitu jangan dipaksakan ladies. Yang kamu perlukan hanya lah olahraga lebih banyak. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa olahraga ternyata punya pengaruh lebih besar dan efektif menurunkan berat badan dibanding diet makanan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise memonitor 22 wanita dan 10 pria mengenai respon hormonal, psikologis, dan behavioral terhadap aktivitas makan. Beberapa orang dibiasakan olahraga, sedangkan lainnya dibiasakan dengan aturan diet makanan yang ketat.

Kedua kelompok sama-sama menunjukkan adanya penurunan kalori dalam asupan harian mereka, tapi ini yang membedakan dua kelompok ini. Kelompok diet makanan menunjukkan peningkatan kadar hormon lapar yang disebut ghrelin dan menurunkan kadar hormon peptida YY yang melawan lapar. Sedangkan pada kelompok olahraga tidak seperti itu.

Pada saat makan, kelompok diet ternyata makan 3 kali lipat lebih banyak dibanding kelompok olahraga. Rata-rata orang-orang dalam kelompok olahraga makan 660 kalori saat makan bersama, sedangkan kelompok diet makan lebih banyak dengan jumlah rata-rata 944 kalori.

Dengan kata lain, kelompok diet lebih mudah lapar dan kelompok olahraga lebih bisa menahan rasa lapar mereka karena tidak ada lonjakan hormon yang membuat mereka kelaparan. Dari sinilah ditarik kesimpulan, bahwa olahraga jadi cara yang lebih efektif menurunkan berat badan dibanding diet makanan.

Namun bukan berarti kamu tetap bisa makan banyak setelah olahraga. Menjaga pola makan itu tetap penting, namun kamu tak perlu memaksakan diri makan sayur dan buah saja atau makan makanan tanpa gula dan garam sama sekali.

Perbanyak olahraga, makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya namun pastikan tetap bergizi dan tidak membuatmu kelaparan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading