Sukses

Beauty

Suka Ngemil Makanan Ini? Tandanya Kamu Sedang Bosan

Terkadang keinginan ngemil bukan karena kamu lapar, benar kan? Terkadang alasan mengapa banyak orang ngemil bisa banyak hal, salah satunya adalah bosan. Sebuah penelitian mengatakan, jika kamu menyadari dirimu tiba-tiba ingin makan keripik dan tahu bahwa sebenarnya kamu tidak lapar, itu tandanya kamu sedang bosan.

Para peneliti dari Inggris melakukan dua kali eksperimen untuk melihat seberapa besar kebosanan mempengaruhi pilihan makanan orang. Di percobaan pertama, peneliti meminta partisipan mengisi kuisioner mengenai makanan apa saja yang menjadi pilihan mereka sebelum dan setelah diminta mengulangi beberapa tugas.

Setelah menyelesaikan sekian kali tugas yang sama dan membosankan, para partisipan cenderung memilih makanan-makanan atau camilan yang tak sehat seperti keripik, makanan manis, dan makanan cepat saji.

Pada percobaan kedua, 45 orang ditawari sekian makanan sehat dan tidak sehat ketika mereka nonton video membosankan dan video lucu. Ternyata, mereka yang nonton video membosankan cenderung memilih makanan yang tak sehat.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Psychological Society ini menarik kesimpulan dari dua percobaan tersebut bahwa kita aan cenderung memilih dan makan makanan bergula, berlemak, dan gurih ketika kita merasa bosan.

Menurut salah satu peneliti, Sandi Mann, hal ini sekaligus memperkuat teori bahwa rasa bosan berhubungan erat dengan kadar dopamin yang rendah dalam tubuh sehingga kebanyakan orang akan mencoba meningkatkan kesenangan melalui makanan yang membuat mereka merasa bahagia, untuk mengalihkan rasa bosan tersebut.

Jadi sekarang tahu apa alasan sebenarnya jika pada saat-saat tertentu kamu sedang ingin sekali makan es krim, keripik, permen dan lain sebagainya kan? Itu karena kamu sedang bosan saja, coba cari kegiatan seru agar tak terjebak dengan camilan tak sehat ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading