Sukses

Beauty

Tumbuhnya Gigi Geraham Bungsu Bikin Nyeri? Ini Tips Mengatasinya

Ladies, apakah gigi geraham bungsumu saat ini sedang tumbuh? Gigi geraham bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di pengujung usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Saat sedang tumbuh, biasanya kita akan merasakan nyeri yang hebat.

Seperti yang dilansir oleh geniusbeauty.com, nyeri yang dirasa saat gigi geraham bungsu tumbuh ini disebabkan oleh inflamasi gusi dan gigi baru yang tumbuh bergesekan dengan lidah. Dalam sejumlah kasus, gigi geraham bungsu harus segera dicabut jika tidak tumbuh dengan baik atau malah mengganggu struktur gigi yang lainnya. Hal ini tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Untuk mengatasi nyeri yang muncul karena tumbuhnya geraham bungsu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti sejumlah tips berikut ini.

    Berkumur dengan Air Garam

    Berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan inflamasi dan mencegah infeksi. Larutkan air hangat dengan garam secukupnya, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik, empat kali sehari. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi nyeri yang muncul akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu.

    Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

    Saat gigi geraham bungsu tumbuh, maka kita akan rentan terkena infeksi. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga agar gigi dan mulut selalu bersih. Tumbuhnya geraham bungsu akan mendorong gusi dan menciptakan lipatan/lekukan di gusi. Kalau makanan masuk dan terselip, lalu tak langsung dibersihkan maka dampaknya bisa menimbulkan infeksi. Pastikan selalu sikat gigi dengan teratur dan bila perlu gunakan obat kumur untuk menjaga gigi dan mulut selalu bersih.

    Kunyah Irisan Jahe

    Jahe dikenal dengan kandungan anti inflamasinya. Sehingga dipercaya baik untuk mencegah sakit gigi. Ambil irisan jahe, lalu kunyah sekitar 10 menit. Rasanya memang akan pedas dan cukup menyengat. Tapi cara ini diyakini bisa membantu mengatasi nyeri akibat tumbuhnya geraham bungsu.

    Berkumur dengan Cuka Putih atau Cuka Apel

    Untuk mengatasi inflamasi dan mencegah penyebaran bakteri, coba berkumur dengan cuka putih atau cuka apel selama 30 detik. Lalu kumur dengan air bersih.

    Kompres dengan Es Batu

    Kadang nyeri karena tumbuhnya geraham bungsu juga disertai dengan pembengkakan. Untuk mengatasi pembengkakan, coba kompres dengan es batu. Caranya ambil es batu, lapisi dengan kain atau plastik, kemudian kompreskan ke area pipi yang bengkak.

Kalau rasa nyerinya tak kunjung hilang atau malah makin parah, coba langsung hubungi dokter ya, Ladies. Agar bisa segera ditangani dengan tepat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading