Sukses

Beauty

Enak Sih, Tapi Awas, Makanan Ini Menyebabkan Gigi Kuning

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa membuat siapa terlihat makin mempesona dan mengesankan. Biasanya, orang-orang akan terlihat makin mempesona dan mengesankan ketika ia memiliki gigi yang putih, bersih lagi sehat. Untuk mendapatkan gigi putih sendiri, selain harus sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, kita juga sangat disarankan untuk konsumsi berbagai makanan sehat yang tidak membuat gigi kuning. Mmm, memangnya ada ya makanan yang bisa menyebabkan gigi kuning?

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, seorang dokter gigi yakni Tariq Idrees dari Manchester mengungkapkan bahwa ada banyak makanan yang bisa menyebabkan gigi kuning, mengalami plak hingga keropos. Bahkan, beberapa makanan tersebut sebelumnya sangat dipercaya mampu memutihkan gigi secara alami. Kira-kira, makanan apa saja yang bisa menyebabkan gigi kuning? Simak baik-baik berikut ini.

    Saus Tomat

    Makanan pertama yang dikatakan menyebabkan gigi kuning dan tak lagi putih berkilau adalah saus tomat. Dr Idrees mengungkapkan bahwa saus tomat mengandung banyak zat asam yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Tak hanya itu saja, pewarna makanan yang terkandung di dalam saus tomat juga sangat memungkinkan membuat gigi menjadi kuning dan bernoda.

    Cuka

    Biasanya, seseorang akan konsumsi cuka sebagai penyegar makanan berupa salad atau sejenisnya. Memang, hal ini akan membuat rasa makanan menjadi lebih segar, enak dan mengesankan. Tapi jangan salah, zat asam yang juga sangat banyak di dalam cuka dikatakan bahwa ia menyebabkan gigi menjadi kuning. Tak hanya membuat gigi menjadi kuning, cuka juga memungkinkan gigi terasa ngilu dan rentan keropos.

    Kopi

    Untuk makanan selanjutnya yang dipercaya mampu menyebabkan gigi menjadi kuning dan tak sehat adalah kopi. Kopi yang mengandung kafein dikatakan mampu menyebabkan noda mudah menempel di gigi dan menjadikan gigi kuning. Kalau ingin gigi tetap putih selepas minum kopi, kita disarankan untuk segera sikat gigi atau kumur-kumur dengan air putih.

    Minuman Rasa Buah

    Kita semua tentu tahu bahwa kopi sangat tidak baik buat gigi. Rupanya, tak hanya kopi yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Segala minuman rasa buah dikatakan juga mampu menyebabkan adanya noda menempel di gigi dan membuatnya menjadi kuning. Dr Idrees mengatakan, "Minuman rasa buah sangat tidak baik buat gigi. Ia mengandung zat pewarna dan perasa buatan yang sebenarnya menyebabkan noda mudah menempel di gigi. Tak hanya menyebabkan gigi kuning, ini juga bisa membuat gigi rentan berlubang dan keropos."

    Acar

    Menurut Dr Idrees segala makanan yang asam bisa membuat gigi rentan mengalami masalah perubahan warna. Memang, sekilas rasa asam terlihat mampu menjadikan gigi terlihat lebih bersih dan putih. Tapi jangan salah, segala makanan asam ternyata justru membuat pelindung gigi mengalami kerusakan dan hal ini menyebabkan noda penyebab gigi kuning mudah menempel di gigi. Selain cuka, makanan asam lain yang juga menyebabkan gigi kuning adalah acar.


Ladies, itulah beberapa makanan yang dipercaya menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain gigi kuning, makanan ini juga dipercaya bisa menyebabkan gigi mudah ngilu, rentan terhadap bakteri dna kuman. Tak hanya makanan di atas saja yang menyebabkan gigi kuning, segala makanan berlemak, makanan yang mengandung pewarna makanan dan makanan yang memiliki warna pekat juga akan menyebabkan terjadinya perubahan warna gigi. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading